Pantau Flash
Doni Monardo: Papua Barat Bisa Jadi Contoh Keberhasilan Penanganan COVID-19
Proyek Tol Trans-Sumatera, Jokowi Temukan Kendala Aturan Teknis
Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Pangandaran Jawa Barat
Getaran Gempa Banten Terasa hingga Jakarta dan Depok
Kementan: Kalung Anti Korona Bukan sebagai Antivirus

Rahasia Nama Panggung 5 Artis, Ada yang Pemberian Mantan Loh!

Rahasia Nama Panggung 5 Artis, Ada yang Pemberian Mantan Loh! Pasha 'Ungu'. (Foto: Instagram)

Pantau.com - Nama panggung bagi artis menjadi penting sebagai identitas di depan publik. Biasanya nama panggung dibuat seunik mungkin namun tetap mudah diingat oleh orang. 

Tak jarang nama panggung artis sengaja dibuat berbeda dengan nama aslinya. Seperti beberapa artis ini yang nama panggungnya sangat berbeda dari nama aslinya. 

Baca juga: 5 Artis Transgender yang Menyita Perhatian, Salah Satunya Go Internasional

1. Dedi Yuliardi Ashadi

Dorce Gamalama (Foto: Instagram)

Nama di atas merupakan lahir dari Dorce Gamalama. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa Dorce merupakan transgender yang pernah melakukan operasi perubahan kelamin. Nama Dorce didapatnya dari pemimpin kelompok waria Fantastis Dolls, Myrna. Ketika itu, Dorce belum melakukan operasi ganti kelamin dan masih dijuluki Dorce Ashadi. 

Sampai akhirnya Dorce melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya dan menjadi pemberitaan secara nasional. Mekain dikenal publik, Dorce sempat beberapa kali berganti nama panggung. Mulai dari Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkapeer.

Hingga akhirnya mantap menggunakan nama Dorce Gamalama yang terinspirasi dari suatu perjalanan untuk menyanyi di Ternate bersama Benyamin Sueb, di mana ia melihat gunung Gamalama. 

2. Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo

Deddy Corbuzier (Foto: Instagram)

Kalau kamu ketik nama itu di pencarian google maka yang didapat merupakan wajah dari mentalis Deddy Corbuzier. Ternyata nama Corbuzier yang dijadikan nama panggung oleh ayah satu anak itu merupakan pemberian dari mantan kekasihnya. 

Deddy pernah menjalin kasih dengan seorang perempuan bernama Cathy sejak masih SMA hingga kuliah. Di masa itu Deddy sudah mulai tampil sulap diberbagai kesempatan. Lantaran merasa nama lahirnya dirasa kurang cocok digunakan sebagai nama panggung, Cathy yang merupakan mahasiswa arsitektur mengusulkan agar Deddy memakai nama Corbuzier. Diketahui nama itu ternyata terinspirasi dari seorang arsitek asal Swiss bermama Le Corbusier. 

3. Sigit Purnomo Said


Pasha (Foto: Instagram)

Ketika dikenal publik sebagai vokalis band Ungu, Sigit Purnomo Said memakai nama panggung Pasha. Hingga ia dikenal dengan panggilan Pasha Ungu. Ternyata nama Pasha merupakan pemberian dari para personil Ungu. Saat baru bergabung dengan Ungu pada 1999, Sigit Purnomo dinilai mirip dengan mantan drummer Ungu bernama Pasha Akbar. 

Lantaran nama Sigit ketika itu dinilai sudah terlalu banyak digunakan, sehingga ia bersedia namanya diubah menjadi Pasha. 

Baca juga: Ini Dia Deretan Artis Keturunan Papua, Salah Satunya Sukses di Singapura!

4. Muhammad Casmali Parli

Charly van Houten (Foto: Instagram)

Masih ingat Charly van Houten? Vokalis band ST 12 yang kemudian berganti menjadi Setia Band tersebut bernama lengkap Muhammad Casmali Parli. Nama Charly sendiri sebenarnya memang nama panggilan ia sejak dulu.  Sementara penambahan Van Houten di belakangnya, kabarnya sebagai penghargaan Charly pada musisi senior Bartje van Houten. 

5. Cakra Konta Pariaman

Cakra Khan (Foto: Instagram)

Lebih dikenal sebagai penyanyi dengan nama panggung Cakra Khan. Penyanyi bersuara serak ini sengaja memakai nama panggung tersebut lantaran dirinya menyukai penyanyi asal Amerika Serikat, Chaka Khan.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: