Pantau Flash
PSSI Resmi Hentikan Liga1 dan Liga 2 Musim 2020 Tanpa Juara dan Degradasi
Terima Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Bamsoet Dorong Kerja Sama Pengadaan Vaksin Covid-19
Erick Thohir Sebut Vaksin Mandiri Akan Dilakukan Setelah 1-2 Bulan Vaksin Gratis Diberikan
Muhammadiyah Komitmen Dorong Ekonomi Pancasila
Tatanen di Bale Atikan Proyeksi Tata Kelola Kemandirian Pangan di Purwakarta

Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Turunkan Resiko Darah Tinggi

Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Turunkan Resiko Darah Tinggi Ilustrasi Darah Tinggi. (Foto: iStock)

Pantau.com - Hasil studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology - Endocrinology and Metabolism menyebut, rajin mengkonsumsi makanan kaya potasium seperti kentang, alpukat, bayam, buncis dan pisang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang.

Lebih lanjut, dalam studi tersebut juga menemukan fakta bahwa vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah bisa menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Minum Teh Hijau Secara Rutin Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Namun temuan tersebut berbanding terbalik dengan fakta dilapangan, bahwa saat ini banyak dari masyarakat yang cenderung lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan olahan dengan mengandung banyak garam dan penyedap rasa yang justru sangat rendah jumlah potasiumnya.

Potasium sendiri merupakan mineral yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

Lantas, seberapa banyak potasium yang kita butuhkan setiap harinya?

Intitute of Medicine telah merekomendasikan sekitar 4,7 gram per hari untuk orang dewasa, untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko munculnya batu ginjal dan tulang rapuh.

Konsumsi tiga per empat cangkir kacang hitam misalnya, akan membantu kamu mencapai hampir 50 persen asupan harian potasium yang dianjurkan.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - ANU
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: