Pantau Flash
Uji Coba Pengaspalan Lintasan Formula E Monas Dilakukan
SBY Sebut Museum dan Galeri Seni di Pacitan adalah Amanah Ani Yudhoyono
Persija Siapkan Amunisi Terbaik Hadapi Geylang International
Polisi Periksa 6 Orang Terkait Tewasnya Siswa-siswi di Sungai Sempor
Korsel Konfirmasi 146 Kasus Baru Virus Korona

RUU Permusikan Dibatalkan, Glenn Fredly: Bukan Berarti Masalah Selesai

RUU Permusikan Dibatalkan, Glenn Fredly: Bukan Berarti Masalah Selesai Glenn Fredly. (Foto: Instagram/@glennfredly309)

Pantau.com - Musisi Glenn Fredly angkat suara perihal dicabutnya RUU Permusikan dari daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2015-2019, pada Senin, 17 Juni 2019 lalu oleh DPR.

Baca juga: RUU Permusikan Batal, Armand Maulana Harap Musisi Aktif Berdiskusi

Hal itu berarti memenuhi tuntutan ratusan musisi yang menolak keras pasal-pasal dalam RUU Permusikan.

Glenn Fredly menegaskan, dengan dicabutnya RUU Permusikan, banyak masalah di industri musik yang masih harus mendapat perhatian.

"Sekarang sudah bukan persoalan menolak atau merevisi. Sekarang harus fokus pada tata kelola industri musik Indonesia. RUU dicabut, bukan berarti masalah selesai," kata Glenn Fredly saat ditemui di daerah Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, (24/6/2019).

Dengan dicabutnya RUU Musik ini, Glenn berharap para musisi mampu menumbuhkan kesadaran kolektif untuk lebih peduli dengan nasib industri musik.

"Ini mendorong semua untuk masa depan industri dan hal itu harus datang dari pelaku-pelakunya. Peran serta konkret dari negara hadir untuk membahas masalah industri musik ke depan," lanjut Glenn.

Karena, selain tata kelola industri musik, masalah yang masih disoroti oleh Glenn untuk segera dituntaskan dalam bidang musik adalah soal infrastruktur dan pendidikan.

RUU Permusikan sendiri merupakan produk yang salah satunya didukung oleh musisi Anang Hermansyah yang menjabat sebagai anggota DPR.

Baca juga: KNTL RUU Permusikan Dibubarkan dan Segera Dibentuk Organisasi Baru

Namun, lebih dari 500 musisi menolak dengan membentuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP). Penyanyi solo Raisa hingga para anggota band rock Seringai tergabung dalam koalisi itu. Kelompok ini mendapat dukungan lebih dari 300 ribu warganet dalam sebuah petisi daring yang menyatakan menolak RUU Permusikan.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Reporter
Ryan Cesario
Category
Ragam

Berita Terkait: