Pantau Flash
Bappenas Sebut Ekonomi Indonesia 2021 Tergantung Donald Trump
Dua dari Tiga Pasien yang Dirawat RSHS Bandung Dinyatakan Negatif Korona
Menlu Retno Hadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Dewan HAM PBB
Omnibus Law Diklaim Kurangi Tumpang Tindih Aturan di Sektor Pertambangan
BNPB: Tsunami Dapat Dicegah dengan Vegetasi

Sadar Nggak Sih 8 Hal Ini Tergerus Kemajuan Teknologi, Kamu Pernah Cobain?

Sadar Nggak Sih 8 Hal Ini Tergerus Kemajuan Teknologi, Kamu Pernah Cobain? Ilustrasi telepon umum. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pesatnya kemajuan teknologi secara langsung berdampak pada kehidupan manusia, saat ini banyak hal yang lebih mudah dilakukan karena adanya terknologi.

Namun, kehadirannya tak selalu menyenangkan. Ada sejumlah hal yang terpaksa hilang bahkan punah karena ditinggal oleh para penggunanya. Hal apa saja itu?

Berikut 5 hal yang hilang karena kehadiran teknologi.

Baca juga: Throwback! Ini 5 Album Musik Terlaris Sepanjang Masa

1. Album Foto

Ilustrasi album foto. (Foto: Pixabay)

Dengan hadirnya teknologi, kini mencetak foto untuk dibuat dalam album sudah sangat jarang dilakukan orang. Kebanyakan dari mereka menyimpannya dalam sebuah file di komputer atau bahkan menyimpannya dalam gallery online, seperti Google Drive, Facebook, atau Instagram.

2. Koleksi CD/DVD

Ilustrasi penjual CD atau DVD. (Foto: Pixabay)

Saat ini hanya sedikit orang yang masih tetap mendengarkan musik dari CD atau menonton sebuah film dengan kaset DVD. Dengan adanya musik digital yang lebih praktis, orang tak perlu lagi repot membawa CD. Cukup dengan menyimpan file musik di dalam gawai atau membuka situs musik online. 

Begitu juga dengan menonton film, saat ini peminat DVD sangatlah minim. Kehadiran teknologi membuat orang memilih cara praktis seperti menonton di Netflix yang bisa ditonton di manapun.

3. Menelpon Bioskop

Ilustrasi tiket bioskop. (Foto: Pixabay)

Dengan menjamurnya situs penjual tiket bioskop yang juga dilengkapi dengan jadwal pemutaran film, kini tak perlu lagi menelpon bioskop untuk menanyakan jadwal putar film yang ingin ditonton.

4. Membuat Kliping Koran

Membuat kliping koran. (Foto: Getty Images)

Membuat kliping koran pada masa lampau sering dilakukan. Namun kini, semua surat kabar cetak sudah hadir dalam bentuk digital, cukup mengunduh artikel yang dianggap penting dan simpan di dalam gawai untuk membacanya kembali.

Baca juga: 20 Fungsi Benda Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Kamu Wajib Tau!

5. Telepon Umum

Ilustrasi telepon umum. (Foto: Pixabay)

Telepon umum pada masanya menjadi hal yang sangat penting dan menjadi salah satu tempat yang dicari oleh masyarakat. Saat ini, karena hampir setiap orang mempunyai ponsel, kini keberadaan telepon umum hanya menjadi hiasan di sejumlah jalan saja.

6. Menggunakan Buku Telepon

Ilustrasi buku telepon. (Foto: Getty Images)

Buku telepon menjadi bagian yang sangat penting saat kita masih sering menggunakan telepon rumah dan telepon umum. Ukuran yang besar dan tebal mencantumkan seluruh nomor penduduk di suatu wilayah. 

Kapan terakhir Anda menggunakan buku telepon untuk mencatat nomor telepon teman atau kenalan anda sejak punya ponsel? 

7. Melihat Peta Sebelum Bepergian


Ilustrasi peta. (Foto: Pixabay)

Melihat peta yang sangat lebar sebelum bepergian dahulu kala bukanlah kebiasaan yang aneh, tapi kini orang akan tersenyum saat anda melakukan itu karena peta dunia kini sudah bisa masuk ke dalam ponsel yang seukuran genggaman tangan.

8. Pergi Membeli Voucher Pulsa

Ilustrasi voucher pulsa. (Foto: Getty Images)

Bahkan kebiasaan yang muncul di era telepon genggam inipun sudah hilang semenjak mengisi pulsa ponsel bisa dilakukan dari balik meja kerja lewat laman daring pengisian pulsa.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: