Pantau Flash
1 Tahun Pengabdian, Mendes PDTT Peroleh Penghargaan IPB
FOOD HEROES DAY: Perkuat Inovasi untuk Pahlawan Pangan yang Semakin Tangguh
Depok Kembali Perpanjang Pembatasan Jam Operasional Pusat Perbelanjaan
Wisatawan Reaktif COVID-19 di Bogor Bertambah, dari Jakarta Paling Banyak
Bea Cukai Jangkau Masyarakat Sekitar dengan Bahasa Madura

Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Stroke

Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Stroke Ilustrasi Stroke. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Ahli kesehatan sepakat bahwa penyakit stroke dapat dicegah, salah satunya dengan melakukan gaya hidup sehat.

"Stroke tergolong penyakit yang merusak, tapi kita tahu 50 persen penyakit ini bisa dicegah," kata kardiolog dari St. George's Univesity di London, John Camm.

Berikut lima langkah yang disarankan para ahli untuk mencegah terkena stroke seperti dilansir Medical Daily.

1. Berhenti Merokok


Berhenti Merokok. (Foto: Istimewa)

Langkah pertama mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat ialah melempar jauh-jauh rokok. Produk tembakau ini berhubungan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti kanker, penyakit jantung dan lainnya.

Merokok bisa meningkatkan trigliserida dalam darah, menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), merusak lapisan aliran darah dan menyumbat alirah darah.

Baca Juga: Benarkah Obesitas Bikin Sperma Berkurang?

2. Olahraga Rutin


Olahraga Rutin. (Foto: Istimewa)

Sebuah studi baru-baru ini menemukan, berjalan dua jam per hari bisa mengurangi risiko perempuan menderita stroke sekitar 50 persen. Lebih dari itu, aktif melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah kedua hal ini berhubungan erat dengan risiko stroke. 

3. Jaga Berat Badan


Jaga Berat Badan. (Foto: Istimewa)

Obesitas atau kelebihan berat badan berhubungan dengan risiko terjadinya diabetes, penyakit jantung dan stroke. Untuk itu disarankan agar selalu mempertahankan berat badan ideal. Cara terbaik untuk mempertahankan berat badan adalah dengan berolah raga dan menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Cobain Deh, Konsumsi 5 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Terlihat Awet Muda

4. Makan Makanan Sehat


Makan Makanan Sehat. (Foto: Istimewa)

Banyak penelitian yangtelah membuktikan, dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran lalu kacang-kacangan serta ikan mampu mengurangi risiko terkena stroke secara signifikan.

5. Tidak Stress


Tidak Stress. (Foto: Istimewa)

Penelitian menemukan stress yang tinggi berhubungan dengan tekanan darah yang lebih tinggi dan ini memunclkan risiko stroke lebih besar, terutama pada perempuan.

Bila stress tengah melanda, coba perlahan kurangi kadarnya misalnya dengan melakukan hal-hal sederhana namun anda sukai seperti mandi, berjalan-jalan, pergi ke pusat kebugaran dan lainnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: