Pantau Flash
Update COVID-19 di Indonesia: Jumlah Positif 30.514, Pasien Sembuh 9.907
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020
Sisa Laga Kualifikasi PD 2022 Zona Asia Akan Dilanjutkan Oktober-November

Selain Awet Muda, Berciuman juga Bisa Menurunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Selain Awet Muda, Berciuman juga Bisa Menurunkan Berat Badan, Kok Bisa? Ilustrasi berciuman (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mencium adalah sebuah ungkapan kasih sayang dari satu orang ke orang lainnya, baik kepada orang tua, anak kecil, atau pasangan sekalipun. Jika ciuman yang dilakukan pasangan kekasih dapar bersifat sensual.

Faktanya, ciuman memiliki beragam manfaat, salah satunya ialah menurunkan berat badan. Seperti yang diungkap dalam sebuah penelitian yang menyebutkan, beragam manfaat didapat saat sedang berciuman ialah menghilangkan stres, mengatur detak jantung termasuk membuat awet muda.

Baca juga: Viral, Ibu Jahili Anak dengan Make Up Agar Tak Banyak Main Gadget

Seksolog Los Angeles, Jaiya Kinzbach menyebut saat berciuman seseorang dapat membakar 2 hingga 6 kalori per menit. Bahkan semakin lama dan semakin bersemangat akan semakin banyak kalori yang terbakar.

Meski begitu, pembakarannya tetap tidak akan semaksimal saat seseorang berada di gym atau jogging, tapi cara ini disebut-sebut cukup menarik.

Ada beragam cara agar pembakaran kalori dapat bekerja maksimal, seperti mencoba posisi berbeda, saat berdiri atau sambil bergerak. Pastikan berciuman bagi pasangan suami istri lebih sering 3 hingga 4 kali sehari untuk meningkatkan pembakaran.

Tapi catatan yang perlu diingat ialah ciuman tidak bisa mengganti olahraga lainnya seperti jogging. Hanya karena membuat jantung berdetak, tidak lantas menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan teratur.

Baca juga: Ternyata Ini Durasi Tidur Terbaik di Usia 18-64 Tahun

Seperti diketahui, untuk orang dengan berat badan 70 kilogram melakukan jogging selama satu jam, dengan jarak tempuh 5 kilometer dapat membakar 596 kalori.

Sementara, saat berolahraga di gym jika kamu berusia 50 tahun, maka detak jantung maksimalnya adalah 220-50 yaitu 180 bpm (beat per second). Pastikan saat treadmil detak jantung harus 75 persen dari angka itu, lalu lemak-lemak akan terbakar.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Dini Afrianti Efendi

Berita Terkait: