Pantau Flash
Jubir Sebut 75 Persen Pasien COVID-19 di 11 Provinsi Telah Sembuh
Bamsoet Mendesak Kementan Segera Lakukan Uji Klinis Antivirus Korona
Jumlah Pasien Sembuh COVID-19 di Wisma Atlet Bertambah Menjadi 3.586 Orang
Seluruh Pasien COVID-19 di Klaster Terbesar Gunung Kidul Telah Sembuh
Soal Larangan Tampil di Liga Champions, Guardiola Yakin City Menang Banding

Selain Makan dan Minum, Ini 5 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

Headline
Selain Makan dan Minum, Ini 5 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ilustrasi makan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ibadah puasa Ramadhan 1440 Hijriah telah dimulai pada Senin (6/5/2019). Tapi sudahkah kita paham betul apa saja yang bisa membatalkan puasa, selain makan dan minum secara sengaja?

Lalu Apa Saja Hal Hal Yang Membatalkan Puasa?

Mengutip buku digital ‘Ensiklopedi Puasa’ karya Ustadz Irfan Supandi, M. Ag, yang diterbitkan Indiva Pustaka pada 2008, ada lima hal hal yang membatalkan puasa kamu lho, selain kegiatan makan dan minum.

1. Muntah

Perlu diingat, muntah yang tidak disengaja atau bukan karena dorongan suatu penyakit tidak membatalkan puasa. Tapi jika muntah yang dibuat-buat padahal tidak ingin muntah, puasa bisa batal.

Setelahnya, ia wajib mengganti puasa di kemudian hari. Namun, lagi-lagi ini masih jadi pro-kontra.

Baca juga: Hindari Mandi dengan Air Hangat Saat Berpuasa

“Tentang muntah ini Qardhawi (ulama periwayat hadist) punya pendapat lain. Menurutnya, baik disengaja ataupun tidak, muntah tidak membatalkan puasa. Karena puasa berurusan dengan menahan bukan mengeluarkan,” tulis buku itu.

2. Haid dan pendarahan usai melahirkan (nifas)

Puasa juga ibadah, sehingga keadaan tubuh haruslah suci. Haid atau pendarahan pada wanita dianggap najis atau kotor, sehingga membatalkan puasa. Karenanya, ia wajib mengganti puasa di luar bulan Ramadhan.

“Ulama sepakat bahwa haid dan nifas membatalkan puasa walau sesaat sebelum matahari terbenam (berbuka puasa),” jelasnya.

3. Keluar air mani dan sperma

Terjadi saat seorang pria ataupun wanita melakukan aktivitas intim atau hubungan suami istri saat berpuasa, atau bisa juga karena perangsangan menonton, membaca, dan mendengar sehingga melakukan masturbasi. Namun jika dilakukan secara tidak sengaja seperti bermimpi, maka ia tidak batal.

Baca juga: Kenapa Ya saat Puasa Sering Terasa Pusing dan Sembelit?

“Tetapi jika disebabkan (keluar cairan) hanya semata-mata melihat atau mengangan-angankan, maka hukumanya sama dengan mimpi siang hari. Jadi puasanya tidak batal,” paparnya.

4. Buang angin di dalam air

Perlu diingat, jika ia melakukannya dengan sengaja, masuk ke dalam air seperti kolam renang lalu buang angin, maka air telah masuk ke dalam lubang duburnya atau bokongnya. Tapi jika dilakukan tidak sengaja dan tiba-tiba, ia tidaklah batal.

5. Berkumur dan makan sisa makanan di celah gigi

Di sebagian madzhab dijelaskan saat berwudhu perlu dilakukan memasukkan air ke hidung untuk dikeluarkan kembali. Tapi saat puasa dilakukan berlebihan hingga masuk begitu banyak, maka akan membatalkan puasa.

“Misalnya sampai berlebih-lebihan dalam melakukan, atau lebih dari tiga kali sehingga menyebabkan masuknya air ke dalam perut tanpa sengaja,” ungkap H.Herdiansyah Achmad,Lc dalam karyanya ‘Meraih Surga dengan Puasa’ yang diterbitkan Puspa Swara pada 2007.

“Makan sisa makanan yang terdapat di antara celah gigi, sekalipun kecil,” tambahnya.

Tim Pantau
Penulis
Rifeni
Reporter
Dini Afrianti Efendi

Berita Terkait: