Selamat Hari Televisi Sedunia 21 November 2022

Headline
hari televisi sedunia world television day - pantau.comIlustrasi - (Foto: Antara)

Pantau – Hari Televisi Sedunia atau World Television Day yang diperingati setiap tanggal 21 November untuk memperingati televisi sebagai simbol komunikasi dan globalisasi.

Menurut KBBI, televisi adalah sistem penyiaran gambar yang disertai dengan bunyi atau suara melalui kabel dengan menggunakan alat yang mengubah gambar dan suara menjadi gelombang listrik dan mengubahnya kembali menjadi berkas gambar yang dapat dilihat dan suara yang dapat didengar.

Seiring berjalannya waktu, televisi menjadi simbol komunikasi dan globalisasi. Untuk memperingati peran dan dampak televisi secara global, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menetapkan Hari Televisi Sedunia yang diperingati pada tanggal 21 November setiap tahunnya.

Hari Televisi Sedunia adalah bukanlah sekadar perayaan televisi sebagai alat komunikasi semata, melainkan tentang filosofi yang mewakilinya. SMengutip situs United Nations, televisi merupakan simbol komunikasi dan globalisasi di dunia kontemporer yang memiliki dampak dan peran besar di dunia dalam pengambilan keputusan serta menjadi duta besar untuk industri hiburan.

Sejarah Hari Televisi Sedunia bermula pada tahun 1996 ketika majelis umum PBB mendeklarasikan Hari Televisi Sedunia ditetapkan pada tanggal 21 November dan untuk diperingati setiap tahunnya, berdasarkan Resolusi 51/205 tertanggal 17 Desember 1996.

Penetapan Hari Televisi Sedunia 21 November adalah sebagai pengakuan atas meningkatnya dampak televisi terhadap pengambilan keputusan dengan membawa perhatian dunia pada konflik dan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan serta peran potensialnya dalam mempertajam fokus pada isu-isu besar lainnya, termasuk masalah ekonomi dan sosial.

Bermula pada tanggal 21-22 November 1996, PBB mengadakan Forum Televisi Dunia pertama, di mana tokoh-tokoh media terkemuka bertemu di bawah naungan PBB untuk membahas semakin pentingnya televisi di dunia yang terus berkembang. Itulah sebabnya Majelis Umum memutuskan untuk memproklamasikan tanggal 21 November sebagai Hari Televisi Sedunia.

Dengan demikian, televisi diakui sebagai alat utama dalam menginformasikan, menyalurkan dan mempengaruhi opini publik. Sebab,dampak dan kehadiran televisi serta pengaruhnya terhadap politik dunia tidak dapat disangkal.

Hingga kini, televisi terus menjadi salah satu sumber konsumsi video terbesar. Meskipun ukuran layar telah berubah, dan orang-orang membuat, memposting, streaming, dan mengonsumsi konten di berbagai platform, jumlah rumah tangga dengan perangkat televisi di seluruh dunia terus meningkat. Interaksi ini menciptakan peluang besar untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah penting yang dihadapi komunitas manusia dan planet bumi.

Bagaimana cara memperingati Hari Televisi Sedunia setiap tanggal 21 November? Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk merayakan peringatan Hari Televisi Sedunia 21 November.

Berikut ini rekomendasi kegiatan yang dapat kamu lakukan di perayaan Hari Televisi Sedunia pada tanggal 21 November:

– Membagikan informasi tentang Hari Televisi Sedunia yang diperingati setiap 21 November
– Membagikan momen televisi kesukaan kalian di Hari Televisi Sedunia tanggal 21 November
– Meramaikan media sosial dengan informasi terkait tema Hari Televisi Sedunia 21 November
– Memasang twibbon Hari Televisi Sedunia dan membagikannya di media sosial masing-masing
– Mengedukasi diri dan orang lain tentang pentingnya peran hingga dampak televisi di dunia

Tim Pantau
Penulis
Fadly