Sempat Viral, Ini Sosok Muzammil Pelantun Azan di Pemakaman Eril yang Bikin Merinding

Headline
Muzammil Hasballah (Instagram/Muzammilhb)Muzammil Hasballah (Instagram/Muzammilhb)

Pantau.com – Prosesi pemakaman putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril dihiasi dengan lantunan azan yang indah oleh Muzammil Hasballah.

Muzammil adalah sosok yang melantunkan azan saat prosesi pemakaman Eril yang dilaksanakan Senin, (13/6/2022) kemarin di Islamic Center Baitul Ridwan, Cimaung, Bandung, Jawa Barat.

Dihimpun dari dari berbagai sumber, berikut informasi terkait Muzammil.

Muzammil berasal dari Aceh. Lahir pada 21 September 1993 di Desa Paya Tijue, Kemukiman Gampong Lhang, Kecamatan Pidie, Naggroe Aceh Darussalam.

Nama Muzammil mulai melesat ketika video dirinya membaca Al-Quran dan menjadi imam salat berjamaah menjadi viral karena suaranya yang sangat merdu. Video-video Muzammil di YouTube bahkan telah dinonton sebanyak 74 juta kali.

Dengan suaranya yang merdu, dia dipercaya menjadi imam Masjid Al Lathif Bandung dan Masjid Salman ITB.

Merupakan putra bungsu dari pasangan Drs H Hasballah Usman dan Dra Hj Hasnidar Sulaiman, Muzammil memiliki kakak laki-laki bernama Muhammad Hanif dan kakak perempuan bernama Anna Sofya.

Di tahun 2017, Muzammil menikah dengan Sonia Ristanti, yang merupakan adik kelas Muzammil di SMAN 10 Fajar Harapan, Banda Aceh. Mereka kini memiliki anak perempuan bernama Haura.

Sama dengan Ridwan Kamil, Muzammil juga merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Arsitektur.

Muzammil mulai mengenyam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tijue. Dia kemudian melanjutkan studinya di SMPS Unggul YPPU SIGLI sebelum akhirnya bersekolah di SMA 10 Fajar Harapan di Banda Aceh.

Sebelumnya, Istri Gubernur Ridwan Kamil, Atalia Praratya, mememuji dan mengucapkan terima kasih kepada Muzammil karena telah melantunkan azan yang sangat indah di pemakaman Eril.

Melalui Instagram story di akun miliknya, @ataliapr, “Lantunan adzan yang begitu indah melepas A Eril. Masya Allah.. merinding.. Hatur nuhun ust @muzammilhb,” tulis Atalia, Selasa (14/6/2022).

Muzammil, yang diketahui turut melaksanakan Salat Ghaib untuk Eril pun membalas ucapan dari Atalia dengan mengatakan, “Allah sangat menyayangi Ibu dan keluarga.”

Tim Pantau