Pantau Flash
Luhut Klaim Sektor Pariwisata Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat COVID-19
Kemnaker: Ada 1,7 Pekerja Terdampak Pandemi COVID-19
Kemenkes Tegaskan Imunisasi Harus Jalan Selama Pandemi Korona
Jusuf Kalla: Fatwa MUI DKI 2001 Perbolehkan Salat Jumat 2 Gelombang
Gugus Tugas: Skema Herd Immunity Butuh Waktu yang Lama

Seram, Ternyata Kecanduan Ponsel Bisa Bikin Orang Penyakitan

Seram, Ternyata Kecanduan Ponsel Bisa Bikin Orang Penyakitan Ilustrasi fanatik ponsel (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ilmuwan Universitas Simon Bolivar, Kolombia menyebutkan orang yang terlalu fanatik pada smartphone atau ponsel berisiko alami kegemukan dan penyakit mematikan, karena aktivitas fisik yang kurang.

"Penting bagi masyarakat umum untuk tahu dan sadar, meskipun teknologi mobile perkembangannya sudah tidak diragukan lagi dapat memenuhi berbagai keperluan, kenyamanan terhadap akses layanan yang tidak terhindar jumlahnya, sumber informasi dan hiburan. Tapi (teknologi mobile) juga harus bisa meningkatkan kebiasaan dan perilaku sehat," ujar Mairary Mantilla-Morron Spesialis Jantung Paru dan Rehabilitasi Vaskular Universitas Simon Bolivar, Kolombia mengutip laman Metro, Minggu (18/7/2019)

Baca juga: Catat... Ini Kunci Membuat Asmaramu dengan Pasangan Tetap Langgeng

Sekedar informasi kematian dini, diabetes, penyakit jantung, kanker, osteoarticular dan gejala muskuloskeletal banyak disebabkan kurangnya aktivitas fisik.

Pendapat Mairary dipertegas melalui hasil temuan, dimana orang yang menggunakan ponsel lebih dari lima jam sehari memiliki risiko obesitas 43 persen lebih tinggi dan lebih berisiko memiliki gaya hidup lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Peneliti menganalisa 1060 siswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Simon Bolivar periode Juni dan Desember 2018. Terdiri dari 700 wanita dan 360 pria dengan rata-rata berumur 19 hingga 20 tahun.

Ditemukan 26 persen perserta mengalami kelebihan berat badan dan 4,6 persen diantaranya mengalami obesitas terhadap mereka yang menggunakan ponsel lebih dari lima jam.

Baca juga: Penelitian Buktikan Wanita Makhluk 'Super', Kok Bisa?

"Kami juga telah menentukan jumlah waktu seseorang terpapar penggunaan teknologi khususnya ponsel dikaitkan dengan meningkatnya obesitas," tutupnya.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Dini Afrianti Efendi

Berita Terkait: