Pantau Flash
Anies Tegaskan Tak Batasi Jumlah Kendaraan di Jalan saat Jakarta PSBB
Polda Metro Jaya: Tak Ada Penutupan Akses Keluar-Masuk Jakarta Selama PSBB
Kabar Duka, Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia
Kemenkes: Orang Terinfeksi COVID-19 Bisa Tularkan ke Hewan
Dua Komisioner Ombudsman RI Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Sering Alami Rasa Sakit dan Nyeri di Lutut? Atasi dengan 5 Cara Alami Ini

Sering Alami Rasa Sakit dan Nyeri di Lutut? Atasi dengan 5 Cara Alami Ini Nyeri Lutut. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Nyeri lutut adalah kondisi yang sangat umum terjadi pada orang tertentu. Ini bisa disebabkan oleh cedera olahraga atau karena keausan teratur dari kehidupan sehari-hari. 

Sebelumnya, nyeri lutut hanya lazim di antara orang tua karena radang sendi, yang merupakan kondisi di mana cairan sinovial mengering karena usia tua. 

Tetapi melihat gaya hidup yang tidak teratur dan tidak sehat yang dipimpin oleh orang-orang saat ini, komplikasi-komplikasi ini telah merambat ke anak-anak muda juga. 

Lutut adalah salah satu sendi yang paling kompleks dalam tubuh dan secara harfiah mendukung seluruh tubuh dan membantu keseimbangan. 

Nyeri lutut dapat membawa banyak ketidaknyamanan dalam hidup seseorang dan jika tidak ditangani sejak dini, itu bisa menjadi masalah kronis. 

Berikut adalah beberapa solusi rumah yang menarik dan bermanfaat untuk menghilangkan nyeri lutut.

1. Tingkatkan Asupan Wortel

Wortel banyak digunakan dalam tradisi Cina untuk menyembuhkan nyeri sendi di lutut. Wortel adalah sumber serat dan nutrisi yang sangat penting dan dapat sangat membantu mengurangi rasa sakit. Parut 2 wortel dan campur dengan jus lemon untuk dikonsumsi mentah atau jus wortel alami. Sangat bermanfaat untuk kesehatan ligamen.

Baca Juga: Cara Alami untuk Mengatasi Rasa Sakit dan Nyeri di Lutut

2. Minum Lebih Banyak Air

Air adalah elemen paling esensial yang dibutuhkan manusia. Satu gelas air dapat melakukan keajaiban bagi tubuh Anda dan kesehatan secara keseluruhan. Kadar air yang tepat sangat penting dalam tubuh kita untuk melumasi dan menghaluskan tulang rawan di sekitar lutut. Air juga memungkinkan sirkulasi darah dan nutrisi yang baik untuk mencapai lutut kita secara efektif.

3. Bawang

Bawang memiliki zat antiinflamasi yang membantu meringankan rasa sakit pada persendian lutut. Ini juga membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan belerang dalam bawang membantu mengurangi rasa sakit di sekitar sendi lutut.

4. Yoga

Yoga adalah metode latihan kuno yang diikuti ribuan orang di seluruh dunia. Manfaatnya memberi Anda tubuh dan pikiran yang sehat. Lakukan beberapa gerakan ramah lutut yang tidak banyak menekan lutut, yang dengan demikian akan membantu mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Olahraga Lari Bisa Mencegah Risiko Radang Sendi

5. Oleskan Minyak Kelapa

Kelapa, secara umum, memiliki banyak manfaat dan minyak yang diekstraksi sangat penting untuk mengobati berbagai penyakit. Panaskan satu cangkir minyak kelapa sampai agak hangat dan pijat dengan lutut Anda. Ini bertindak sebagai penghilang rasa sakit dan merangsang aliran darah yang lebih baik di sekitar sendi.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG