Pantau Flash
Paspor WNI Eks ISIS Akan Diblokir Pemerintah
Bappenas Sebut Ekonomi Indonesia 2021 Tergantung Donald Trump
Dua dari Tiga Pasien yang Dirawat RSHS Bandung Dinyatakan Negatif Korona
Menlu Retno Hadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Dewan HAM PBB
Omnibus Law Diklaim Kurangi Tumpang Tindih Aturan di Sektor Pertambangan

Sering Banyak Penampakan, 5 Tempat di Indonesia Ini Terkenal Angker

Sering Banyak Penampakan, 5 Tempat di Indonesia Ini Terkenal Angker Hotel Bedugul, Bali. (Foto: Wikipedia)

Pantau.com - Indonesia cukup banyak memiliki bangunan tua peninggalan era kerajaan hingga penjajahan yang masih bertahan hingga saat ini. Lantaran usianya yang tua bahkan mencapai ratusan tahun, tak heran banyak cerita-cerita mistis berkembang di masyarakat. 

Hingga akhirnya cerita mistis itu terus berkembang di masyarakat dan tempat tersebut menjadi terkenal karena keangkerannya. 

Baca juga: 5 Desa Paling Angker di Indonesia, Ada yang Diyakini sebagai Kota Atlantis

Pantau.com punya rangkuman lima tempat yang terkenal angker. Kamu berani berkunjung?

1. Hotel Bedugul

Hotel Bedegul (Foto: Wikipedia)

Bayangkan, melihat bangunan super besar namun tidak berpenghuni, suram dan kotor. Kurang lebih seperti itu kondisi Hotel Bedegul saat ini. 

Tempat itu mungkin tidak terlalu populer di wisatawan lokal. Tapi, Hotel Bedugul sudah sangat terkenal di kalangan para turis manca negara yang melancong ke Bali. Tempat ini bahkan sering disebut sebagai istana hantu karena bangunannya yang sangat luas dan besar namun tidak ada penghuninya.

2. Patung H.C Verbraak Taman Maluku


Patung H.C Verbraak Taman Maluku. (Foto: Wikipedia)

Patung itu ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan cerita yang berkembang, patung Verbrraak merupakan perwujudan dari seorang pastur yang melakukan misi keagamaan di berbagai tempat di Indonesia. Mitos yang berkembang, sang Pastur mengalami kecelakaan pesawat dan jatuh di tempat di mana patungnya berdiri sampai saat ini.

Hal mistis yang menjadi perbincangan masyarakat adalah bahwa patung ini katanya akan berjalan-jalan di sekitar taman pada tengah malam. Ada juga yang mengatakan apabila kamu berada di sana pukul 11 malam dan berjalan di sekitar patung, mata sang patung akan mengikuti kemana pun kaki kamu melangkah!

3. Stasiun Malang Kota Lama


Stasiun Malang Kota (Foto: Wikipedia)

Stasiun ini konon punya cerita seram yang bikin merinding. Misalnya tentang kecelakaan hebat pada sekitar tahun 1981

Ketika itu kereta yang berangkat dari Kota Lama menabrak sebuah bus. Kecelakaan ini menewaskan sekitar 50 orang. Sejak saat itu cerita-cerita mistis pun beredar. Tak hanya itu, konon pernah juga ada kejadian kereta hantu di mana sebuah kereta tanpa masinis berjalan sendiri dan merusak rumah-rumah warga di sekitar stasiun.

4. Gunung Kawi


Gunung Kawi (Foto: Wikipedia)

Ketika hari masih terang, Gunung Kawi selalu ramai oleh pengunjung yang mendaki. Namun selain menjadi tempat pendakian, biasanya juga dijadikan tempat ziarah Pesarean.

Banyak aktivitas ritual dilakukan saat Jumat Legi. Salah satunya sebagai pemakaman Eyang Jugo (Kyai Zakaria II). Sedangkan, tanggal 12 bulan Suro merupakan perayaan wafatnya Eyang Sujo (Raden Mas Iman Sudjono).

Selain itu, Gunung Kawi juga biasa menjadi tempat pesugihan dan tumbal. Mereka yang datang kebanyakan bertujuan untuk meminta berkah kekayaan dengan jalan pintas. Yakni melalui ritual pemujaan pada penguasa gaib gunung Kawi.

Baca juga: 5 Pohon Angker Indonesia yang Jadi Markas Favorit Pocong hingga Kuntilanak

5. Hotel Indonesia


Bundaran Hotel Indonesia. (Foto: Wikipedia)

Berbagai cerita mengatakan bahwa hotel bersejarah ini memiliki banyak hantu di dalamnya. Lantai empat dari hotel ini dinilai paling angker. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa mereka melihat sosok wanita cantik dengan pakaian berwarna putih, berseliweran di sekitar area hotel. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam