Sri Mulyani Jebloskan SBY ke Penjara, Hoax!

Headline
Beredar sebuah video dengan narasi bahwa Sri Mulyani dan Kejagung telah sepakat akan menjebloskan Susilo Bambang Yudhoyono ke penjara. (turnbackhoax.id)Beredar sebuah video dengan narasi bahwa Sri Mulyani dan Kejagung telah sepakat akan menjebloskan Susilo Bambang Yudhoyono ke penjara. (turnbackhoax.id)

Pantau – Akun Tiktok dengan nama pengguna “@abimemory45” mengunggah sebuah video dengan narasi bahwa Sri Mulyani dan Kejagung telah sepakat akan menjebloskan Susilo Bambang Yudhoyono ke penjara.

Narasi:

“Akhirnya di tangkap, keputusan Sri Mulyani bulat SBY harus dijebloskan. Keputusan Bulat !!! SBY Siap-Siap Di Jebloskan.. Sri Mulyani – Kejagung.”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax, Kamis (22/9/2022), narasi tersebut merupakan informasi yang tidak benar.

Tidak ditemukannya berita mengenai Sri Mulyani dan Kejagung memasukkan SBY ke dalam penjara. Video tersebut membahas mengenai kerja sama Sri Mulyani dan Kejaksaan Agung terkait pemberantasan korupsi dan pencucian uang.

Narasi dalam video itu serupa dengan berita milik Kompas.com yang berjudul “Berantas Korupsi dan Pencucian Uang, Sri Mulyani Gandeng Jaksa Agung”.

Lalu cuplikan-cuplikan video pada unggahan di TikTok itu juga diambil dari berbagai sumber seperti video milik Kompas TV yang berjudul “Keterangan Jaksa Agung soal Penangkapan Surya Darmadi tersangka Korupsi Rp78 Triliun.”, dan dari video YouTube yang berjudul “Arti Cinta Pada Negara Bagi Sri Mulyani Indrawati.”.

Kesimpulan

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Tiktok dengan nama pengguna “@abimemory45” tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan/misleading content.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan