Pantau Flash
Masa Berlaku SIM Habis Antara 17 Maret-29 Mei, Anda Tidak Akan Ditilang
BPS: Bekerja atau Dirumahkan saat COVID-19 buat Pendapatan Menurun
PTUN Vonis Jokowi Langgar Hukum Kasus Pemblokiran Internet Papua
Ridwan Kamil Terbitkan Pergub New Normal untuk Jabar
Presiden Ingatkan Pertumbuhan Ekonomi Jangan Sampai Minus

Sstt... Ini 5 Tanda Kalau Kucing Diam-diam Nggak Suka Sama Kamu

Sstt... Ini 5 Tanda Kalau Kucing Diam-diam Nggak Suka Sama Kamu Ilustrasi kucing bersembunyi. (Foto: Flickr/ Stephen Mekosh)

Pantau.com - Meski Anda begitu menyukai dan menyayangi kucing peliharaan Anda, terkadang mereka tidak membalas rasa kasih sayang itu sebagaimana Anda menyayanginya. 

Meski demikian, pendiri Cat Behavior Clinic, Mieshelle Nagelschneider, mencatat bahwa kucing tidak pernah bisa 'membenci' pemiliknya, namun kucing bisa mengembangkan beberapa rasa takut dan ketidakpercayaan terhadap pemiliknya.

Berikut 5 tanda kucing yang diam-diam tidak nyaman berada di dekat anda dikutip dari Insider.

1. Buntutnya Horizontal

Ilustrasi kucing marah. (Foto: Flickr/Adam)

Russell Hartstein, yang bersertifikat dalam penanganan perilaku kucing berbasis di Los Angeles, mencatat bahwa kucing tidak hanya menggunakan ekor mereka untuk keseimbangan mengesankan, tetapi menggunakannya untuk mengekspresikan emosi.

Baca juga: Punya Hewan Peliharaan? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

"Ekor kucing sangat ekspresif dan ketika diambil dalam konteks lingkungan langsung mereka, seluruh bahasa tubuh mereka mengungkapkan banyak apa yang terjadi secara emosional dan internal," kata Harstein.

"Ini membantu mereka bertindak sebagai barometer suasana hati mereka," tambahnya.

2. Selalu Bersembunyi 

Ilustrasi kucing bersembunyi. (Foto: Flickr/ Stephen Mekosh)

Menurut Jessa Paschke, ahli perilaku hewan peliharaan di Mars Petcare, kucing yang bersembunyi bukanlah kucing yang bahagia.

"Jika kucing Anda selalu bersembunyi itu mungkin mereka tidak nyaman di lingkungan mereka, " kata Paschke.

Jika kucing Anda baru menjadi bagian dalam keluarga, Paschke merekomendasikan untuk menyediakan kucing dengan ruang pribadi sehingga mereka dapat bernapas dan menyesuaikan kondisi. 

Tetapi jika mereka telah berada bersama Anda dalam waktu yang cukup, disarankan untuk mengunjungi dokter hewan karena bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan.

3. Mengigit

Ilustrasi kucing mengigit. (Foto: Flickr/Evan Bench)

Semua ahli sepakat bahwa tanda yang jelas adanya kebencian dari kucing adalah dengan mengigit Anda. Meskipun Nagelschneider menyatakan bahwa menggigit adalah perilaku normal untuk anak kucing, ia menyatakan bahwa kucing yang tumbuh tidak boleh menggigit, terutama ketika Anda mengulurkan tangan untuk hewan peliharaan mereka.

Baca juga: Jalan-jalan dengan Peliharaan Bisa Bikin Lansia Patah Tulang Loh

4. Mengeram

Ilustrasi kucing mengeram. (Foto: Flickr/Chris Martin)

Salah satu sikap yang jelas terlihat jika kucing tidak menyukai Anda adalah saat kucing mengeram. Semua ahli sepakat bahwa jika kucing Anda mengeram terhadap pemiliknya, itu pasti mereka marah.

Namun, Nagelschneider mencatat bahwa mengeram perilaku normal untuk anak kucing saat mereka mencoba untuk berkembang, jadi hanya menjadi khawatir jika kucing dewasa mengeram.

5. Baik Kepada Orang Lain

Ilustrasi kucing meminta perhatian pemilik. (Foto: Getty Images/Andrew Burton)

Apakah kucing Anda suka diemong dan diperhatian oleh tamu, tetapi menolak untuk berinteraksi dengan Anda? Nagelschneider mengatakan kepada Insider bahwa hal itu adalah pertanda jelas bahwa kucing mungkin memiliki masalah pribadi dengan Anda.

Untuk mencoba untuk sampai ke dasar ini, pastikan kucing Anda memiliki semua yang yang diperlukannya. Apakah Anda lupa untuk memberinya makan, isi ulang mangkuk air, atau membersihkan kotak sampah? Semakin penuh perhatian Anda terhadap situasi kehidupan kucing Anda, semakin besar kemungkinan akan bersikap baik kepada Anda.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: