Pantau Flash
4,99 Juta Warga Telah Terima BLT Dana Desa
Polda Metro Tangkap Tersangka Penyebar Video Asusila Mirip Syahrini
Menristek Sebut Pembuatan Vaksin COVID-19 Masih Tahap Awal
Gantikan Helmy Yahya, Iman Brotoseno Resmi Dilantik Sebagai Dirut TVRI
Menuju 'New Normal', Magelang Akan Perketat Protokol Kesehatan

Studi: 1 dari 5 Milenial Merasa Kesepian dan Tak Punya Sahabat

Studi: 1 dari 5 Milenial Merasa Kesepian dan Tak Punya Sahabat Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Digadang menjadi generasi aktif dan produktif, ternyata banyak milenial yang merasa kesepian. Survei terbaru yang dilakukan YouGov menunjukan bahwa 30 persen generasi milenial selalu merasa kesepian. 

Sementara itu, 30 persen lainnya menyatakan tidak memiliki sahabat serta 27 persen tidak memiliki teman untuk berbagi cerita. Dari jumlah tersebut, 1 dari 5 milenial mengatakan mereka tidak memiliki teman untuk curhat.

Hasil serupa juga ditemukan dalam Studi oleh University of Pennsylvania pada 2018. Penelitian itu menemukan adanya hubungan antara tingkat kebahagiaan yang rendah pada orang-orang berusia 23 hingga 38 tahun dengan waktu yang dihabiskan di media sosial.

Baca juga: Jangan Galau, Usir Rasa Kesepian dengan Cara Ini

Mengutip dari Medical Daily, peneliti utama Melissa Hunt mengatakan bahwa milenial yang memiliki lebih dari satu akun media sosial berpotensi miliki kebahagiaan yang lebih rendah. Rasa bahagia yang sedikit itu, dinilai Hunt, dipicu oleh perubahan cara berteman yang ditawarkan oleh media sosial.

Psikolog klinis dan Direktur Penelitian dan Pendidikan untuk Asosiasi Glendon, Lisa Firestone PhD, menjelaskan dalam Psychology Today, media sosial menawarkan wadah untuk mencari kenalan dengan lebih mudah. 

Namun, kebanyakan teman di media sosial tidak bertemu dalam dunia nyata. Padahal cara efektif untuk menghilangkan rasa kesepian adalah memiliki teman 'nyata' dan bersosialisasi secara langsung, berbagi cerita serta tawa alami, bukan tawa dalam bentuk emotikon.

Baca juga: Didukung Teknologi Informasi, Tapi Tak Semudah Itu Jadi Orangtua Milenial

Penggunaan media sosial sebagai wadah sosialisasi kaum milenial kerap dipengaruhi karena kesibukan aktivitas baik di sekolah, bekerja, hingga mengurus rumah tangga. 

Firestone menyarankan agar milenial yang merasa kesepian lebih baik mencari tahu apa yang sebenarnya bisa membuat mereka lebih bahagia dan mengambil langkah nyata.

"Tidak larut dalam isolasi media sosial dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi perasaan kesepian dan menjadi jiwa yang lebih kuat. Keluarlah dan bersosialisasi dengan teman nyata," ujar Firestone.

Tim Pantau
Editor
Lilis Varwati
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: