Pantau Flash
Positif COVID-19 di DKI Jakarta Bertambah Terus hingga 7.153 Kasus
Kasus Positif COVID-19 RI 25.773, Nihil Kasus Baru di 10 Provinsi
Desak Presiden Jokowi Mundur, Ruslan Buton Dibawa ke Jakarta
AS Akhiri Hubungan dengan WHO, Trump: Mereka Dikendalikan China
Ada 4.599 Kendaraan Menuju Jakarta Diputarbalik

Studi: Manusia Bisa Hidup Tanpa Makan, Berapa Lama?

Studi: Manusia Bisa Hidup Tanpa Makan, Berapa Lama? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kamu pernah menahan lapar? Berapa lama? Konon tubuh manusia bisa bertahan hidup meski tidak makan beberapa waktu. Tapi tidak untuk minum. 

Setidaknya tubuh membutuhkan cairan sebagai salah satu sumber energi. 

Melansir dari Healthline, Dokter dari Scientific American Dr. Alan Lieberson mengatakan banyak faktor yang menyebabkan seseorang mampu bertahan hidup tanpa makan.

Baca juga: Ini 5 Camilan Sehat untuk Mengatasi Rasa Lapar Kamu

"Durasi bertahan hidup tanpa makanan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti berat badan, variasi genetik, pertimbangan kesehatan lainnya dan yang terpenting, merasa dehidrasi atau tidak," kata Lieberson.

Ia menjelaskan, jika seseorang tidak makan dalam jangka waktu tertentu yang terjadi pada hari kedua dan ketiga tanpa makanan atau air, tubuh mulai berfungsi secara berbeda untuk mengurangi jumlah energi yang dibakar.

Menurut Lieberson, sebenarnya tidak ada aturan waktu yang tepat berapa lama seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan atau minum. Karena faktor yang sebelumnya disebutkan. 

Namun sejumlah penelitian memiliki pendapat berbeda mengenai kelaparan. 

Seperti laporan dari Archiv Fur Kriminologie yang menyatakan tubuh Manus dapat bertahan hidup selama 8 hingga 21 hari tanpa makanan dan air.

Jangka waktu itu bisa lebih lama jika mendapat asupan air yang memadai. Disebutkan seseorang dapat bertahan hingga dua bulan tanpa makan tapi tetap mengonsumsi air.

Baca juga: Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Sementara laporan dari British Medical Journal menyimpulkan, seseorang yang memiliki berat badan normal akan kehilangan berat badan juga jaringan otot lebih cepat. Daripada seseorang yang gemuk ketika kelaparan selama tiga hari pertama.

Meski begitu, hal yang perlu diketahui bahwa tubuh akan lebih mungkin bertahan hidup dari kelaparan selama berminggu-minggu atau mungkin berbulan-bulan jika mengonsumi air dalam jumlah yang sehat.

Hal itu lantaran tubuh memiliki lebih banyak cadangan untuk menggantikan makanan daripada cairan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati