Surat Bung Hatta Puji Keturunan Arab di Indonesia ke Kakek Anies Baswedan, Cek Faktanya

Headline

Pantau – Sebuah akun facebook mem-posting sepucuk surat dengan narasi Wakil Presiden Pertama, Mohammad Hatta menulis surat untuk Mantan Wakil Penerangan Indonesia AR Baswedan. Pada surat itu, Hatta memuji sumpah pemuda keturunan Arab.

Hatta mengatakan sumpah itu tepat sekali. Hatta juga menolak WNI keturunan Arab disejajarkan dengan WNI Keturunan China.

Narasi:

Buat yang bilang Anies Baswedan bukan pribumi atau penduduk Indonesia Asli, silahkan baca surat Bung Hatta pada kakek beliau AR Baswedan & pidato Bung Karno
Bantu share ya guyss
Semoga haters kembali ke jalan yang benar
Aamiin

Penjelasan:

Dilansir dari situs Turnbackhoax.id, narasi yang menyebutkan surat itu berasal dari Mohammad Hatta untuk kakek Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan kabar tidak benar. Turnbackhoax.id memuat pernyataan putri bungsu Hatta, Halida Nuriah Hatta.

“Itu sudah jelas palsu. Tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun masalahnya hal itu jangan dibiarkan,” sebagaimana dalam artikel Turnbackhoax.id yang mengutip Historia, Rabu (3/8/2022).

Halida pernah membagikan surat itu ke media sosialnya. Ia menegaskan surat itu tidak benar dan bertentangan dengan kepribadian Hatta.

“Heran masih juga ada kelompok yang mau mempecundangi nama besar Bung Hatta,” ujar Halida.

Kesimpulan:
Narasi yang menyebutkan surat itu berasal dari Mohammad Hatta untuk kakek Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan kabar tidak benar.

Tim Pantau
Editor
Muhammad Rodhi