Tahu Nggak Mobil Pertama yang Dibikin Suzuki?

Mobil Suzulight (Foto: Motor1)Mobil Suzulight (Foto: Motor1)

Pantau.com – Tiap pabrikan mobil punya sejarah yang beda-beda ketika berawal berdiri. Ada yang awalnya sebagai produsen alat pintal, tutup botol, dan alat sederhana lainnya.

Seperti yang terjadi pada Suzuki. Michio Suzuki mendirikan Suzuki Motor Company berdiri pada Maret 1920. Michio menginvestasikan dan mengembangkan industri mobil pada tahun 1937.

Namun, saat Perang Dunia ke-2 Suzuki harus berhenti. Kemudian di tahun 1950-an, Suzuki bangkit dan mulai mengembangkan mobil pertamanya.

Melansir Motor1, Selasa (6/2/2028), tahun 1954 adalah tonggak sejarah baru Suzuki. Mobil penumpang pertamanya, Suzulight, resmi diluncurkan. Saat itu,  Suzulight dikenal sebagai mobil kecil, ringan dan mudah kendarai.

Mobil dua pintu ini memiliki bobot kurang dari 500 kg, panjang 2,9 m, lebar 1,2 m, dan tinggi 1,4 m.

Suzulight dibekali mesin 360 cc, 16PS dua silender, dan 2 tak. Di masanya, mesin dua langkah adalah salah penemuan terbaru. Mobil juga sudah menggunakan suspensi independent coil spring dan rack and pinion steering.

Michio mengungkapkan, model Suzulight terinspirasi dari mobil yang pada waktu itu sedang populer, yaitu Austin 7. 

Di tahun pertamanya, Suzulight hanya dibuat tiga sampai unit per bulan. Tapi, di awal tahun 1956, produksi meningkat menjadi 30 unit per bulan. Suzulight model TL adalah yang paling laris di pasaran.

Saat ini, hanya ada satu atau dua mobil Suzulight yang ada di dunia. Salah satunya berada di Suzuki Plaza Museum di Hamamatsu City, Jepang.

Tim Pantau