Pantau Flash
Mahathir Mohamad Mundur Sebagai Perdana Menteri Malaysia
WNI di Diamond Princess: Pak Jokowi, Jangan Biarkan Kami Mati Perlahan
Asap Tebal Selimuti Gedung DPR RI
Melonjak Rp5.000, Harga Emas Antam Cetak Rekor Tertinggi
Bappenas dan Denmark Kolaborasi dalam Pengembangan Ekonomi Sirkular

Tak Cuma Penghias Makanan, Ini 7 Manfaat Lain Biji Wijen bagi Kesehatan

Tak Cuma Penghias Makanan, Ini 7 Manfaat Lain Biji Wijen bagi Kesehatan Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Biji wijen memiliki kemampuan yang kuat untuk mencegah berbagai jenis kanker, diabetes, menurunkan tekanan darah, membangun tulang yang kuat, meningkatkan kesehatan jantung dan juga membantu menyembuhkan gangguan tidur antara lain.

Bahkan minyak yang diekstrak dari biji wijen bermanfaat untuk kesehatan. Ini memiliki kandungan nutrisi kalsium, besi, seng, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, serat, vitamin B6, dll yang tinggi. Sekarang, mari kita lihat manfaat kesehatan dari biji wijen.

Biji wijen banyak digunakan untuk berbagai keperluan kuliner. Bumbu padat nutrisi ini memiliki kombinasi vitamin dan mineral, yang karenanya dianggap sebagai salah satu makanan tersehat.

Berikut 7 manfaat terbaik untuk kesehatan dari biji wijen.

1. Melancarkan Pencernaan

Biji wijen mengandung serat, yang penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Ini membantu menjaga pencernaan yang sehat dengan meningkatkan gerakan usus. Mengkonsumsi biji wijen akan mencegah sembelit dan diare dan juga akan menurunkan kemungkinan penyakit pencernaan dan kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Jus Buah Delima yang Perlu Kamu Tahu

2. Mengurangi Hipertensi

Biji wijen mengurangi hipertensi yang membantu mengurangi ketegangan pada jantung Anda dan membantu dalam pencegahan berbagai penyakit jantung. Biji wijen mengandung magnesium yang bertindak sebagai agen dalam menurunkan tekanan darah dan bijinya mengandung 25 persen magnesium.

3. Membantu Mencegah Kanker

Biji wijen dikenal untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti leukemia, payudara, usus besar, pankreas, kanker paru-paru dan prostat. Mereka memiliki kemampuan untuk mencegah kanker karena mereka mengandung efek anti-karsinogenik dari magnesium dan fitat yang mengurangi efek radikal bebas.

4. Menangkal Radikal Bebas

Biji wijen memiliki kemampuan kuat untuk melindungi DNA dari efek radiasi yang berbahaya. Radiasi berasal dari pengobatan kanker, yang meliputi kemoterapi dan radioterapi. Memiliki biji wijen akan meningkatkan kekuatan Anda dan mengurangi kemungkinan kanker.

5. Meningkatkan Fungsi Metabolik

Biji wijen mengandung protein yang membantu membangun jaringan otot, memperbaiki otot, meningkatkan kekuatan, mobilitas, tingkat energi secara keseluruhan, dan pertumbuhan sel yang sehat. Ini juga membantu meningkatkan fungsi metabolisme Anda.

Baca Juga: 6 Menu Sarapan Populer Ini Sebenarnya Tidak Direkomendasikan oleh Ahli

6. Membantu Mengelola Diabetes

Biji wijen terdiri dari magnesium yang membantu mengurangi kemungkinan diabetes dan juga membantu dalam mengelola gejala diabetes. Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat menambahkan biji wijen atau minyak biji wijen ke dalam makanan mereka. Ini membantu dalam mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Biji wijen mengandung mineral penting seperti fosfor, kalsium, dan seng yang membantu menjaga tulang Anda kuat dan sehat. Mineral-mineral ini menciptakan materi tulang baru dan memperkuat tulang, yang mungkin menjadi lemah karena cedera atau kondisi tulang yang serius seperti osteoporosis.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: