Pantau Flash
Polisi Siapkan Skenario One Way-Contraflow Antisipasi Libur Panjang
Total Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Mencapai 392.934 per 26 Oktober
Presiden Jokowi Minta Pengadaan Vaksin COVID-19 Tidak Tergesa-gesa
Ada Rencana Aksi Demo saat Libur Panjang 28-30 Oktober 2020
BPPTKG: Waktu Erupsi Gunung Merapi Semakin Dekat

Tak Disangka, 5 Hal Ini Terjadi Jika Konsumsi Mentimun Setiap Hari

Tak Disangka, 5 Hal Ini Terjadi Jika Konsumsi Mentimun Setiap Hari Ilustrasi mentimun. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mentimun kaya akan air dan dapat memberikan manfaat banyak untuk menurunkan berat badan.

Mentimun mengandung nutrisi seperti vitamin K, B, C, tembaga, kalium, serta dapat mengurangi risiko penyakit kronis karena mentimun memiliki polifenol dan senyawa yang unik.

Berikut 5 manfaat mengonsumsi mentimun untuk kesehatan dilansir dari Boldsky.

1. Mengurangi stres

Mentimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks yang meliputi vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7. Vitamin ini bekerja bersama-sama dalam menenangkan sistem saraf dan membantu memberikan bantuan dari serangan panik dan stres maupun kecemasan.

Baca juga: 5 Makanan dan Minuman Ini Jadi Mengerikan saat Kamu Sakit Tenggorokan

2. Meningkatkan kesehatan otak

Mentimun mengandung flavonoid anti-inflamasi yang besar dalam untuk membantu kesehatan otak. Flavonoid membantu meningkatkan konektivitas neuron, sehingga meningkatkan kognisi Anda. Ini tidak hanya akan membantu dalam menjaga tingkat memori Anda, tetapi juga akan melindungi sel saraf dari kerusakan seiring berjalannya usia.

3. Meningkatkan pencernaan

Mentimun kaya akan serat serta mengandung banyak air. Mentimun sangat bagus untuk sistem perncernaan karena membantu mencegah asam reflux. Selain itu, mentimun juga membantu untuk mengurangi tingkat pH di perut serta mengatasi masalah sembelit.

4. Menjaga kesehatan jantung

Mentimun mengandung kadar kalium yang tinggi yang dapat mengatur tekanan darah. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi selular. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan fungsi sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung. 

Baca juga: Ini 5 Keuntungan yang Didapat dari Konsumsi Cokelat Hitam

Selain itu, kandungan serat di mentimun juga membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan arteri.

5. Mengurangi risiko kanker

Mentimun kaya akan antioksidan yang dapat menghambat oksidasi yang menghasilkan radikal bebas --yang dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis, seperti mencegah timbulnya kanker. Detoksifikasi bersama dengan sifat antioksidan dari mentimun dapat melawan sel radikal yang ada dalam tubuh Anda.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni

Berita Terkait: