Pantau Flash
Menko Marinves Klaim Bank Dunia Puji Ketangguhan Ekonomi Indonesia
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020

Tak Disangka, 7 Penyakit Ini Bisa Menyebabkan Masalah pada Berat Badan

Tak Disangka, 7 Penyakit Ini Bisa Menyebabkan Masalah pada Berat Badan Ilustrasi. (Shutterstock)

Pantau.com - Ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas itu dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan, termasuk, masalah jantung, hipertensi dan sebagainya. Kelebihan berat badan juga berbahaya bagi kesehatan dan penurunan berat badan seseorang secara konsisten dapat menyebabkan kekurangan gizi dan bahkan kegagalan organ. 

Ketika kita mengalami fluktuasi tertentu dalam berat badan kita, baik kenaikan atau penurunan berat badan, kita biasanya mengaitkannya dengan diet bukan? Nah, tahukah Anda bahwa ada penyakit tertentu yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan atau penurunan berat badan, yang tidak ada hubungannya dengan diet dan olahraga rutin Anda?Lalu penyakit apa saja yang bisa menyebabkan masalah pada berat badan? Berikut dirangkum dari Boldsky.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Program Diet

1. Artritis

Arthritis adalah suatu kondisi yang biasanya terlihat pada orang tua, yang menyebabkan peradangan dan kekakuan pada otot dan persendian. Penyakit ini dapat menyebabkan fluktuasi hormon yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

2. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun lain yang dapat menyebabkan penurunan berat badan, karena mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan penurunan nafsu makan secara drastis.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis, di mana ada peradangan sel-sel kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, karena dapat menurunkan laju metabolisme tubuh Anda.

4. PCOS

Sindrom ovarium polikistik adalah kelainan hormon yang mempengaruhi ovarium, menyebabkan gejala seperti menstruasi yang tidak teratur dan kenaikan berat badan.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan Untuk Si Super Sibuk

5. Hipertiroidisme

Hipertiroid adalah penyakit hormonal lain yang disebabkan karena produksi hormon tiroid yang kurang, menyebabkan hilangnya nafsu makan dan penurunan berat badan.

6. Diabetes

Diabetes adalah gangguan metabolisme yang disebabkan karena kadar gula darah tinggi. Karena fluktuasi kadar insulin, penderita diabetes dapat mengalami penurunan berat badan sebagai gejala.

7. Penyakit Addison

Penyakit Addison adalah penyakit autoimun lain yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, karena ketidakseimbangan hormon, sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: