Pantau Flash
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster
Arab Saudi Berhentikan Sementara Pelayanan Umrah Gara-gara Korona
'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang' Jadi Sorotan Media Internasional
Bayern Munchen Rilis Jersey Khusus Peringati Hari Jadi ke-120
Stadion Klabat Jadi Kandang Persipura di Liga 1 Musim 2020

Tak Hanya Pikun, Ini 5 Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Tak Hanya Pikun, Ini 5 Gejala Awal Penyakit Alzheimer Ilustrasi alzheimer. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Alzheimer merupakan penyakit otak yang banyak ditemukan pada orang-orang di atas usia 65 tahun. Penyakit otak ini yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. 

Pertama kali dijelaskan pada tahun 1906 oleh seorang dokter Jerman bernama Alois Alzheimer, Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang menghancurkan sel-sel otak, yang disebut neuron, menurut Mayo Clinic.

Berikut 5 tanda gejala awal penyakit Alzheimer dari berbagai sumber:

Baca juga: Bawang Putih Ternyata Ampuh Cegah Alzheimer

1. Gangguan Daya Ingat Ringan

Ilustrasi. (Shutterstock)

Apa Anda sering lupa di mana meletakkan barang Anda? Pada tahap awal, penderita penyakit Alzheimer akan mengalami gangguan daya ingat yang sifatnya ringan, seperti kejadian di atas. Seiring waktu, gejala tersebut akan bertambah parah.

2. Disorientasi

Ilustrasi. (Shutterstock)

Salah satu tanda awal paling umum dari penyakit Alzheimer adalah disorientasi. Beberapa penderita lupa, misalnya, tentang hari. Yang lain percaya bahwa mereka hidup dalam periode waktu yang berbeda atau mengalami kesulitan mencari tahu di mana mereka berada. Tanda-tanda seperti itu tidak boleh dianggap remeh dan membutuhkan perhatian medis.

3. Sulit untuk Menghitung

Ilustrasi. (Shutterstock)

Kita semua mungkin tidak bisa menjadi jenius dalam hal matematika. Namun, mungkin ini saatnya untuk khawatir ketika Anda tidak lagi dapat mengetahui cara membayar tagihan atau menambahkan jumlah sederhana. 

Menurut Asosiasi Alzheimer, salah satu tanda awal Alzheimer adalah kesulitan bekerja dengan angka.

Baca juga: Hati-hati, Radang Gusi Picu Alzheimer

Selain itu, beberapa orang mengalami kesulitan mengikuti rencana. Mereka yang cenderung mengalami kondisi neurodegeneratif ini merasa kesulitan untuk merencanakan kegiatan sehari-hari mereka.

4. Perubahan Suasana Hati

Ilustrasi. (Shutterstock)

Perubahan suasana hati mungkin disebabkan oleh berbagai hal. Namun, terkadang perubahan hati mungkin mengindikasikan kondisi mendasar yang lebih serius. Orang yang hidup dengan penyakit Alzheimer sering mengalami perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Mereka cenderung merasa sedih kemudian gembira atau tenang kemudian cemas dalam hitungan detik.

5. Ide Aneh

Ilustrasi. (Shutterstock)

Pada tahun pertama dengan pasien yang menderita penyakit ini, beberapa penderita Alzheimer memiliki pemikiran yang tidak biasa. Misalnya, mereka mungkin salah mengartikan niat orang lain.

Beberapa orang mungkin, misalnya, berpikir bahwa seorang perawat akan membahayakan mereka atau seorang dokter akan bermain-main di kepala mereka. Seperti skizofrenia, yang juga menunjukkan gejala seperti ini.

Mengutip Alodokter, penyakit Alzheimer bisa dicegah dengan beberapa cara, misalnya, berhenti merokok, menjaga berat badan tetap ideal, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, rutin berolahraga.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: