Pantau Flash
Positif COVID-19 di DKI Jakarta Bertambah Terus hingga 7.153 Kasus
Kasus Positif COVID-19 RI 25.773, Nihil Kasus Baru di 10 Provinsi
Desak Presiden Jokowi Mundur, Ruslan Buton Dibawa ke Jakarta
AS Akhiri Hubungan dengan WHO, Trump: Mereka Dikendalikan China
Ada 4.599 Kendaraan Menuju Jakarta Diputarbalik

Tak Selalu Negatif, Ternyata Bir Punya 5 Manfaat untuk Tubuh Lho

Tak Selalu Negatif, Ternyata Bir Punya 5 Manfaat untuk Tubuh Lho Ilustrasi bir. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Anggur atau bir tampaknya telah menjadi perbincangan di kalangan ahli karena dampaknya pada kesehatan jantung, tetapi tak mengurangi manfaat kesehataan dari bir. 

Sebuah penelitian dari Skandinavia yang meneliti 1.400 wanita paruh baya melaporkan bahwa mereka yang cenderung mengonsumsi bir (antara satu hingga dua kali sehari) memiliki risiko rendah pada serangan jantung.

Meski tak dapat dipungkiri, seseorang yang mengonsumsi bir secara berlebihan memiliki risiko tinggi kematian akibat kanker. Berikut 5 manfaat lainnya yang didapat dari bir, dikutip dari The Healthy.

1. Antrimikroba untuk mulut


Ilustrasi mulut. (Foto: Dusanmanic/iStock)

Bir mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu memerangi kuman oral yang tidak diinginkan terkait dengan plak dan penyakit gusi.

Dalam sebuah studi Italia pada 93 subyek, mereka yang minum alkohol, termasuk bir, cenderung memiliki lebih sedikit spesies mikroba di mulut mereka. 

Baca juga: Tak Hanya Masalah Kesehatan, Alkohol Juga Bisa Merusak Penampilan

2. Melindungi penglihatan


Ilustrasi mata. (Foto: iStock)

Sebuah studi yang melibatkan 3.654 orang, yang diterbitkan dalam American Journal of Ophthalmology, menemukan peserta yang mengonsumsi alkohol moderat memiliki 50 persen lebih rendah insiden operasi katarak (versus non-peminum dan peminum berat) selama periode lima sampai sepuluh tahun. 

Antioksidan dalam anggur dan bir mungkin bertanggung jawab atas manfaat ini; sejumlah penelitian menunjukkan bahwa katarak dan degenerasi makula lebih lazim ketika diet rendah antioksidan.

3. Mengurangi risiko batu ginjal


Ilustrasi. (Foto: Mheim3011/iStock)

Sebuah jurnal klinis dari American Society of Nephrology, yang melibatkan hampir 200.000 peserta menemukan, mereka yang meminum satu bir sehari memiliki 41 persen lebih rendah risiko membentuk batu ginjal.

Para peneliti percaya ini mungkin karena sifat diuretik bir dan alkohol.

Baca juga: Kecanduan Alkohol Semakin Sulit Lepas Seiring Bertambah Usia

4. Menurunkan diabetes tipe 2


Ilustrasi. (Foto: Cgajic/iStock)

Bir kemungkinan dapat menurunkan diabetes tipe 2. Meta-analisis 15 studi menemukan bahwa konsumsi alkohol moderat, termasuk bir, dapat mengurangi risiko mengembangkan jenis diabetes tipe 2 sebesar 30 persen.

Mungkin ada banyak faktor bermain, termasuk efek anti-inflamasi alkohol, menurut penulis studi. 

Penelitian lain pada orang tanpa diabetes telah menemukan efek positif dari konsumsi alkohol sedang pada tingkat insulin dan trigliserida. Sangat penting untuk menekankan bahwa konsumsi moderat adalah kuncinya; mengonsumsi bir secara berlebihan mungkin akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

5. Melindungi rheumatoid arthritis


Ilustrasi. (Foto: MichelleGibson/iStock)

Alkohol, termasuk bir, memiliki sifat anti-inflamasi, yang mungkin terkait dengan implikasi positif seperti untuk kesehatan jantung, serta penyakit lain yang dipicu oleh peradangan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Arthritis & Rheumatology, yang mencakup 1.900.000 peserta dari Nurses' Health Study (NHS), menemukan bahwa wanita yang minum dua sampai empat kali per minggu memiliki 31 persen penurunan risiko rheumatoid arthritis dibandingkan dengan sesama teetotalers.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: