Pantau Flash
Duh, Kepulauan Riau Kekurangan Ventilator untuk Pasien COVID-19
Bamsoet Apresiasi Penetapan Tersangka Kebakaran Gedung Kejagung
Kasus Baru COVID-19 Per 24 Oktober Bertambah 4.070, Total 385.980
Sertifikasi Halal bagi Pelaku UMKM Tidak Dipungut Biaya Alias Gratis
DPD KAI Laporkan Tri Rismaharini kepada Mendagri Tito Karnavian

Tak Sempat ke Dokter, Ini yang Bisa Dilakukan Atasi Diare

Tak Sempat ke Dokter, Ini yang Bisa Dilakukan Atasi Diare ilustrasi (foto: pixabay)

Pantau.com - Sakit diare memang sangat menganggu aktivitas juga repot harus bolak-balik ke toilet setiap saat. 

Ada banyak penyebab seseorang terserang diare. Paling umum biasanya diare terjadi diakibatkan makanan tertentu. 

Jika sobat pantau terserang diare tiba-tiba dan terkendala pergi ke dokter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama mengatasi diare.  Mengutip dari Medical News Today, cara-cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi diare yang datang tiba-tiba. 

1. Minum air mineral

Tubuh harus tetap terhidrasi karena diare menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan saat buang air. Terutama cairan elektrolit seperti sodium dan klorin. 

Oleh karena itu minum air ketika diare sangat dianjurkan. Selain itu mengonsumsi oralit atau cairan gula dan garam juga bisa membantu isu menyerap cairan lebih efisien. 

Baca juga: Buang Kebiasaan Bawa Sepatu ke Dalam Rumah! Bisa Bikin Diare Lho

2. Makan 

Jangan khawatir kalau nanti makanan yang dikonsumsi akan kembali keluar karena diare. Justru tubuh tetap butuh asupan agar badan tidak semakin lemas. 

Tapi yang perlu diperhatikan jangan makan sembarangan. Hindari makanan yang tinggi lemak, berminyak, pedas, makanan yang mengandung pemanis buatan, juga makanan dengan kadar gula fruktosa tinggi. Karena makanan tersebut bisa mengiritasi atau menyebabkan tekanan pada saluran pencernaan. 

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diare antara lain buah-buahan, makanan yang tinggi potasium seperti kentang atau ubi, sayuran yang dimasak agak empuk. Selain itu, mengonsumsi sup atau bubur juga bisa membantu meredakan perut yang melilit. 

3. Minum obat

Ada beragam obat diare yang bisa ditemukan di warung rumahan atau juga supermarket. Baca dulu label dalam kemasan obat untuk menghindari efek samping yang mungkin timbul.

Perlu dicatat, ada beberapa kondisi di mana diare harus segera mendapat penanganan dokter jika pasien mengalami demam, ada darah di feses, mengalami dehidrasi, terjadi diare saat tidur, nyeri perut hebat, dan berat badan turun.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: