Pantau Flash
Hak Asimilasi Napi yang Berulah Usai Dibebaskan Bakal Dicabut
Italia Berencana Perpanjang Lockdown hingga 3 Mei
FIFPro Ingatkan Ancaman Kesehatan Mental Pesepak Bola
3 BUMN Patungan Sediakan 80 Ribu APD untuk Rumah Sakit
Dari 256 Pasien Korona di Jatim, 63 di Antaranya Berhasil Sembuh

'Take A Break' Yuk! Ini 4 Alasan Kamu Harus Rehat dari Media Sosial

'Take A Break' Yuk! Ini 4 Alasan Kamu Harus Rehat dari Media Sosial Ilusrasi bermain media sosial. (Shutterstock)

Pantau.com - Zaman sekarang ini seseorang tidak mungkin untuk melepaskan sosial media seperti Instagram, Twitter, YouTube, hingg Facebook, kecuali jika orang itu memiliki niat yang kuat. 

Sosial media mungkin memberika informasi dengan cepat di manapun kalian berada, namun penelitian baru-baru ini mengungkapkan terlalu sering bermain sosial media berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Dilansir dari Boldsky, berikut alasan kenapa Anda harus berhenti menggunakan sosial media untuk sementara.

Baca juga: Infografis 5 Negara yang Percaya Media Sosial Sebabkan Polarisasi Politik

1. Mengurangi Risiko Obesitas

Ilusrasi bermain media sosial. (Shutterstock)

Ketika seseorang menghabiskan banyak waktu di berbagai platform media sosial, itu berarti dia sedang duduk atau berbaring di satu tempat, di depan ponsel atau komputernya. Jadi, mereka tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup yang membantu membakar kalori. Juga, berjam-jam menggunakan media sosial berarti lebih sedikit waktu untuk berolahraga, sehingga meningkatkan risiko obesitas.

2. Menurunkan Risiko Depresi

Ilusrasi bermain media sosial. (Shutterstock)

Menggunakan media sosial terus-menerus, terutama ketika Anda terus melihat postingan yang "bahagia" oleh orang-orang, itu bisa membuat pengguna merasa bahwa hidupnya sendiri tidak cukup baik, yang mengarah ke masalah harga diri yang kemudian berubah menjadi depresi. Penggunaan media sosial juga berkontribusi terhadap masalah citra tubuh di kalangan anak muda.

Baca juga: 5 Cara Media Sosial Merusak Kesehatan Mental Anda, Khususnya Perempuan

3. Membuat Anda Lebih Bersosialisasi

Ilusrasi bermain media sosial. (Shutterstock)

Beristirahat dari media sosial dapat membantu membuat Anda lebih sosial dan memberi Anda lebih banyak waktu untuk bertemu dan mengenal orang lain, di luar dunia virtual. Bertemu lebih banyak orang dan bersosialisasi dapat mengurangi kesepian dan depresi.

4. Meningkatkan Daya Memori

Ilusrasi bermain media sosial. (Shutterstock)

Sebuah studi penelitian telah menemukan bahwa terus-menerus menggunakan ponsel dan komputer Anda dapat menyebabkan menipisnya materi abu-abu di otak Anda yang dapat mempengaruhi memori Anda, jadi menjauh dari penggunaan media sosial untuk sementara waktu dapat meningkatkan memori Anda.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: