Ternyata Bagian Tubuh Ini Tidak Berhenti Tumbuh Sepanjang Usia

Ilustrasi. Foto : (Freepik)

Pantau – Ada fakta unik soal tubuh yang perlu kamu ketahui! Meski tulang dan sel otot manusia berhenti tumbuh, rupanya ada dua bagian, yakni hidung dan telinga, yang terus bertambah besar sampai kamu tua nanti.

Seiring bertambahnya usia, bagian hidung dan daun telinga manusia memang bisa berubah menjadi tampak lebih besar. Tetapi, ini bukan karena mereka benar-benar tumbuh. Sebenarnya, apa yang kamu lihat adalah efek dari perubahan kulit dan ilusi gravitasi.

Mengutip laman WebMD, hidung dan telinga terbuat dari tulang rawan, jaringan ikat lentur yang lebih keras dari kulit, tapi lebih lembut dari tulang. Tulang rawan ini salah satunya terbentuk dari serat kolagen.

Namun, akibat efek penuaan, serat-serat kolagen dan elastin yang terdapat pada kulit dan tulang rawan akan meregang lantaran kehilangan elastisitas dan kekencangannya. Karena tulang rawan yang melemah tidak bisa menopang kulit kendur di atasnya, maka hal ini membuat telinga dan hidung cenderung melorot ke bawah mengikuti gravitasi dan terlihat lebih panjang.

Penelitian memperkirakan bahwa ukuran hidung bisa bertambah beberapa milimeter, sementara telinga bisa lebih dari 1 cm. ini terjadi baik pada laki-laki dan perempuan lanjut usia.

 

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari