Pantau Flash
Kalah dari Wakil Inggris, Hafiz/Glo Jadi Runner-up Thailand Master 2020
Kanada Identifikasi Kasus Pertama Virus Corona
Persib Bandung Perpanjang Kontrak Omid Nazari Satu Musim
Hafiz/Gloria Rebut Tiket Final Thailand Masters 2020
43 Narapidana Terima Remisi Imlek pada Tahun 2020

Ternyata Ini Alasan Mengapa hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia

Ternyata Ini Alasan Mengapa hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia Ilustrasi Paspor. (Foto: hapur.al)

Pantau.com - Bagi banyak orang yang ingin bepergian ke luar negeri, wajib hukumnya memiliki paspor. Hal itu berlaku untuk seluruh warga negara. Menurut PBB, ada 195 negara di dunia, dan uniknya hanya ada empat warna paspor yang berlaku, yaitu biru, merah, hitam dan hijau.

Bukan sembarang warna, karena setiap warna punya makna tersendiri. Tidak ada warna acak yang dipilih untuk dijadikan sampul paspor suatu negara. Setiap negara memiliki alasan khusus untuk memilih satu dari empat warna paspor yang ada.

Berikut empat warna paspor yang berlaku di sejumlah negara di dunia beserta sejarahnya.

1. Paspor Warna Merah


Paspor Warna Merah. (Foto: Ist)

Merah adalah warna yang paling lazim digunakan. Warna ini biasanya dipilih negara-negara yang memiliki sejarah atau menganut sistem komunis. Warga Slovenia, Serbia, Latvia, Romania, China, Rusia, Polandia dan Georgia memiliki paspor warna merah.

Selain itu, warna ini juga dipakai negara anggota Uni Eropa, kecuali Kroasia. Negara lain yang memilih merah adalah Bolivia, Kolombia, Ekuador dan Peru. Negara-negara yang tertarik bergabung dengan Uni Eropa, termasuk Turki, Macedonia dan Albania juga mengganti warna paspor menjadi merah beberapa tahun silam.

Baca Juga: 5 Tips Hemat saat Berlibur ke Luar Negeri, Kamu Wajib Coba!

2. Paspor Warna Biru


Paspor Warna Biru. (Foto: Ist)

Biru adalah warna kedua yang paling banyak digunakan untuk paspor. Biru menyimbolkan "dunia baru" dan warna ini dipakai 15 negara Karibia. Negara-negara di Amerika Selatan, seperti Brasil, Argentina dan Paraguay juga menggunakan paspor biru, sampulnya menyimbolkan hubungan dengan Mercosur, organisasi negara-negara Amerika Selatan.

Salah satu paspor biru yang terkenal adalah milik warga AS, tapi mereka baru menggantinya jadi biru pada 1976. Inggris juga sempat memakai warna biru untuk paspornya, namun warna biru tua itu diganti dengan warna merah anggur pada 1988,

3. Paspor Warna Hijau


Paspor Warna Hija. (Foto: Ist)

Sebagian besar negara muslim menggunakan paspor warna hijau, misalnya Indonesia, Maroko, Saudi Arabia dan Pakistan. Ini karena hijau dianggap sebagai warna favorit Rasullullah Muhammad S.A.W. Warna hijau juga dianggap sebagai simbol alam dan kehidupan.

Sebagian negara Afrika Barat, termasuk Nigeria, Niger dan Segal juga punya warna paspor hijau, tapi warna itu dipilih karena mereka termasuk dalam bagian Economic Community of West African States.

Baca Juga: Tak Banyak Orang Tahu, Ini Tanggal Tepat untuk Berlibur dengan Harga Murah

4. Paspor Warna Hitam


Paspor Warna Hitam. (Foto: Ist)

Paspor warna ini cukup jarang di temui, namun sebagian negara-negara di Afrika, seperti  Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo dan Malawi memiliki paspor hitam jenis ini. Warga negara Selandia Baru juga punya paspor hitam karena itu adalah warna nasional negara tersebut, seperti dilansir The Sun.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: