Pantau Flash
Fraksi PKB Tuntut Kasus Jiwasraya Diselesaikan dalam Setahun
Bhayangkara FC Resmi Gaet Andik Vermansyah
Polisi Pasang Kamera E-TLE di Jalan Layang Kasablanka Sasar Pemotor
OJK Mau Dibubarkan, Pengamat: Masih Dibutuhkan Pelaku Industri
Rusia dan China Jalin Kerja Sama Kembangkan Vaksin Virus Korona

Ternyata Ini Alasan Misophonia Marah saat Dengar Orang Menguyah

Ternyata Ini Alasan Misophonia Marah saat Dengar Orang Menguyah Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Setiap manusia mungkin memiliki rasa takut dan rasa tak enak masing-masing terhadap satu hal. Entah itu ketinggian, hewan buas hingga takut terhadap yang semestinya tak perlu ditakuti.

Termasuk dengan sifat yang satu ini nih. Kamu sering kesal ketika mendengar suara orang mengunyah makanan mereka dengan keras? atau bahkan kamu bersikap agresif hingga marah? hal tersebut mengindikasikan bahwa kamu menderita misophonia. 

Baca Juga: Arti Ilfi

Dilansir dari Gizmodo Australia, misophonia secara secara harfiah adalah membenci suara tertentu, dan itu tidak biasa bagi orang yang menderita kondisi tersebut.

Kita ambil contoh misalnya ada seseorang yang sedang melakukan makan keripik kentang, permen karet atau memakan jenis makanan apapun yang bisa menghasilkan suara dari efek kunyahan tersebut nampaknya kamu harus hati-hati. Hal itu ternyata bisa membuat penderita misophonia marah. 

Nah apabila kamu mengalami hal tersebut nampaknya kamu gaperlu khawatir. Pasalnya nih, seorang wanita 29-tahun dari Kent, bernama Olana Tansley-Hancock mengungkapkan bahwa selama dua dekade terakhir, suara-suara kunyahan tertentu telah membuatnya ingin melakukan hal aneh bahkan hampir malakukan serangan.

Lebih lanjut, hingga saat ini tercatat tidak ada cara untuk mengatasi kondisi misophonia. Mungkin akan sedikit meredakan jika kamu melakukan dengan menutup telingadan menghindari kafein dan alkohol. 

Baca Juga: Infografis Desain Kamera Apple iPhone 11 Pro Picu Tyrophobia

Orang yang menderita misophonia, otaknya memiliki kontrol khusus terhadap suara kunyahan yang didengarnya. Mekanisme kontrol otak yang berbeda dari orang umum inilah yang menyebabkan rasa marah maupun kesal terhadap orang yang makan dengan kunyahan keras. 

Pertanyaan sekarang bagaimana jika kamu mengalami kondisi ini? nah Pantau.com saranin sih ya jangan sampai kamu memaksakan agar orang lain tak bersuara apabila sedang mengunyah. Lebih baik sih apabila kamu menjauh saja dari keramaian.

Tim Pantau
Editor
Bagaskara Isdiansyah
Category
Ragam