Pantau Flash
KKP Lumpuhkan Dua Kapal Berbendera Vietnam yang Curi Ikan di Laut Natuna
Ribuan Pekerja di DKI Jakarta Terkena PHK Akibat Pandemi Virus Korona
Kecelakaan di Tol Jagorawi, Wakil Jaksa Agung Dr Arminsyah Meninggal Dunia
Update COVID-19 di Indonesia 4 April: Korban Positif Tembus 2 Ribu Orang
Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Capai 519 Orang

Ternyata, Meja Kerja Lebih Jorok Dibandingkan Toilet Duduk! Ini Alasannya

Ternyata, Meja Kerja Lebih Jorok Dibandingkan Toilet Duduk! Ini Alasannya Ilustrasi meja kerja (foto: pixabay)

Pantau.com - Sebagai pekerja, setidaknya selama lima hari dalam seminggu waktu kita akan habis di atas meja kerja. Tapi tahu kah kamu, sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyebutkan meja kerja memiliki lebih banyak kuman daripada dudukan toilet.

Mengutip dari Channel News Asia, penelitian dilakukan oleh University of Arizona, ditemukan bahwa rata-rata meja kerja di kantor memiliki kuman 400 kali lebih banyak daripada kuman yang ditemukan di dudukan toilet. 

"Kuman-kuman ini berkumpul di benda-benda yang digunakan bersama. Telepon kantor, mesin fotokopi, keyboard, laci dan lemari merupakan tempat favorit kuman bersembunyi," demikian tertulis pada hasil penelitian tersebut.

Baca juga: Penelitian Sebut Generasi Milenial Lebih Cepat Jenuh dengan Pekerjaannya

Alasan banyak kuman di meja kerja lantaran waktu yang dihabiskan seseorang di meja kerja lebih lama daripada waktu yang dihabiskan di toilet. Hal itu membuat benda-benda di meja kerja lebih banyak terpapar kuman yang dibawa dari luar ruangan. 

Selain itu, luas permukaan meja kerja yang lebih besar daripada dudukan toilet juga membuat kuman bisa bergerak lebih leluasa.

Pakar mikrobiologi dari School of Science and Technology, Nottingham Trent University Michael Loughlin, MD menyebut menjaga kebersihan meja kerja penting untuk mengurangi infeksi di kantor.

Kebiasaan buruk seperti menumpuk tisu bekas ingus di meja juga menggigit pulpen harus dihindari. "Jika Anda bisa mencuci tangan selepas dari kamar mandi, maka menjaga kebersihan meja kerja tak seharusnya jadi masalah," ucapnya.

Baca juga: Polusi Udara Bisa Jadi Faktor Penyebab Gangguan Kesehatan Mental

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati