Pantau Flash
Studi: Vitamin K dalam Bayam, Telur, dan Keju Bantu Cegah COVID-19
Menko Marinves Klaim Bank Dunia Puji Ketangguhan Ekonomi Indonesia
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus

Terungkap! Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Terus Merasa Lapar

Terungkap! Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Terus Merasa Lapar Ilustrasi. (iStock)

Pantau.com - Kelaparan adalah cara alami tubuh untuk memberi tahu Anda bahwa ia membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Kebanyakan orang merasa sangat lapar sehingga mereka terus mengunyah camilan sepanjang hari. Tapi, apa alasan di balik Anda merasa lapar sepanjang waktu? 

Mungkin ada banyak alasan mengapa Anda merasa lapar bahkan ketika Anda sudah makan. Mulai dari masalah yang tidak selalu di bawah kendali Anda seperti tiroid hingga masalah gaya hidup seperti tingkat stres tinggi, kurang tidur, dan sebagainya. Jadi, untuk membantu Anda lebih memahami mengapa Anda terus-menerus merasa lapar, berikut adalah daftar alasannya dilansir dari Boldsky.

Baca juga: Suka Marah saat Lapar Menyerang? Cobain Dulu 5 Tips Ini 


Ilustrasi (Pixabay)

1. Diet

Orang yang melakukan diet merasa lapar sepanjang waktu. Karena sebagai bagian dari rencana diet, orang membatasi asupan kalori mereka. Mengkonsumsi kalori lebih sedikit daripada yang dibakar tubuh menyebabkan tubuh memproduksi hormon yang disebut ghrelin, hormon rasa lapar. Diet yang rendah kalori meningkatkan produksi ghrelin dan menyebabkan kelaparan, bahkan setelah seseorang baru saja makan.

2. Diabetes Tipe 2

Seseorang dengan diabetes tipe 2 juga dapat merasa lapar sepanjang waktu. Alasannya karena diabetes menyebabkan glukosa tetap berada dalam darah alih-alih mencapai sel, yang menggunakannya sebagai sumber energi. Ini membuat seseorang lapar.

Ilustrasi (Pixabay)

3. Diet rendah protein

Protein meningkatkan produksi hormon yang membuat Anda kenyang dan menurunkan tingkat hormon yang merangsang rasa lapar. Jadi, jika Anda tidak mengonsumsi protein yang cukup, Anda mungkin cenderung merasa sering lapar. Makan makanan kaya protein seperti daging, telur, ikan, susu, yogurt, kacang-kacangan, dan sebagainya.

4. Diet Rendah Karbohidrat

Mengkonsumsi karbohidrat yang tidak terlalu kompleks dan karbohidrat yang lebih murni meningkatkan hasrat lapar Anda. Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi dan membutuhkan waktu bagi tubuh untuk dicerna, jadi ini menyebabkan perasaan kenyang untuk waktu yang lebih lama. Di sisi lain, karbohidrat olahan tidak memberikan rasa kenyang.

Baca juga: Ingat! 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi saat Sedang Lapar 


Ilustrasi (Pixabay)

5. Diet Tinggi Gula

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi gula berlebih khususnya fruktosa menyebabkan peningkatan nafsu makan. Karena tubuh memproduksi lebih banyak ghrelin dan memengaruhi aktivitas otak yang memberi sinyal pada tubuh Anda bahwa Anda lapar.

6. Diet Rendah Serat

Tidak cukup makan makanan berserat akan menambah keinginan Anda makan. Makanan berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna yang bermanfaat untuk mengendalikan rasa lapar Anda. Jadi, jika Anda selalu merasa lapar, itu mungkin karena Anda melewatkan makanan kaya serat.

Ilustrasi (Pixabay)

7. Tidak cukup tidur

Tidak tidur dengan benar mengganggu keseimbangan hormon alami tubuh, yang dapat meningkatkan rasa lapar pada beberapa orang. Menurut sebuah penelitian, pria yang kurang tidur memiliki kadar ghrelin lebih tinggi dan makan lebih banyak daripada mereka yang tidur normal.

8. Dehidrasi

Minum air sebelum makan membuat perut Anda kenyang. Salah satu alasan sering merasa lapar adalah karena Anda tidak minum cukup air yang pada gilirannya menyebabkan dehidrasi. Minumlah 8 gelas air dan makan makanan kaya air seperti semangka, jeruk.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: