Pantau Flash
Masa Berlaku SIM Habis Antara 17 Maret-29 Mei, Anda Tidak Akan Ditilang
BPS: Bekerja atau Dirumahkan saat COVID-19 buat Pendapatan Menurun
PTUN Vonis Jokowi Langgar Hukum Kasus Pemblokiran Internet Papua
Ridwan Kamil Terbitkan Pergub New Normal untuk Jabar
Presiden Ingatkan Pertumbuhan Ekonomi Jangan Sampai Minus

Throwback! Ini 5 Album Musik Terlaris Sepanjang Masa

Throwback! Ini 5 Album Musik Terlaris Sepanjang Masa The Beatles. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Berbicara soal musisi seperti penyanyi atau grub band, beberapa orang menjadikan penjualan album sebagai tolak ukur kesuksesan suatu grup band, khususnya album musik terlaris sepanjang masa. Namun, sebenarnya kesuksesan seorang musisi tidak hanya dilihat dari penjualan albumnya. Dari sekian banyak album yang telah dirilis oleh musisi lokal maupun internasional, era 60an hingga 70an masih menjadi penyumbang terbanyak album terbaik yang laris hingga saat ini.

Apa Saja Daftar 5 Album Musik Terlaris Sepanjang Masa?

Throwback yuk! Berikut lima album terlaris sepanjang masa yang dirangkum Pantau.com.

Baca juga: Taylor Swift hingga Ariana, Ini 5 Seleb dengan Followers Palsu Terbanyak

1. Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band oleh The Beatles

Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band oleh The Beatles

Album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band oleh The Beatles. (Foto: rollingstone.com)

Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band merupakan album ke 9 yang diluncurkan The Beatles di Britania Raya. Dirilis pada 1 Juni 1967, album ini konsisten berada di peringkat atas tangga lagu selama 26 minggu. 

Terkenal dengan lagu seperti A Day in the Life, album ini dicap sebagai masterpiece The Beatles, serta salah satu album terbaik sepanjang masa. 

Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band adalah salah satu album paling berpengaruh bagi industri musik hingga kini. Untuk diketahui, album ini dibuat dalam waktu 700 jam, dan sebagian besar lagu-lagunya tidak dapat dimainkan secara live pada masa itu.

2. Their Greatest Hits oleh Eagles

Their Greatest Hits oleh Eagles

Their Greatest Hits (1971–1975). (Foto: Wikipedia)

Jika ada album Greatest Hits yang mampu terjual hingga puluhan juta kopi, pastilah album tersebut milik Grup Musik yang terkenal dengan lagu Hotel California-nya, Eagles. 

Dirilis pada tahun 1976, Their Greatest Hits (1971–1975) ini berisikan 10 lagu terbaik mereka, salah satunya adalah Desperado yang meski tidak dirilis sebagai single, namun menjadi salah satu lagu terbaik dari grup musik ini.

Album ini berhasil terjual sebanyak 42 juta kopi di seluruh dunia dan mendapatkan 38 kali sertifikasi platinum, rekor tersebut membuat album ini berada di posisi terasatas sebagai album yang pernah tersetifikasi oleh RIAA.

3. Thriller oleh Michael Jackson

Thriller oleh Michael Jackson

Album Thriller oleh Michael Jackson. (Foto: Wikipedia)

Tak dapat dipungkiri, jika Thriller milik Michael Jackson menjadi album terlaris sepanjang masa yang hingga saat ini belum bisa dikalahkan oleh siapapun. Album ini tercatat dengan angka penjualan 109 juta kopi di seluruh dunia.

Di samping penjualannya yang luar biasa, prestasi lain yang dihasilkan oleh album ini tak kalah hebatnya. Di antaranya memenangi 8 Grammy Awards di tahun 1984, termasuk Album of The Year. Slant Magazine pun menobatkannya sebagai album terbaik di tahun 1980-an.

Baca juga: 5 Teori Konspirasi Soal Selebriti Dunia yang Akhirnya Terpecahkan

4. Led Zeppelin IV oleh Led Zeppelin

Led Zeppelin IV oleh Led Zeppelin

Led Zeppelin IV oleh Led Zeppelin. (Foto: Wikipedia)

Band bergenre hard rock asal Inggris yang tenar sekitar tahun 70an ini mengeluarkan album berjudul Led Zeppelin IV pada 1971, dan menjadikannya salah satu album paling laku keras di dunia sampai saat ini. 

Album ke empat ini dibuat oleh dua pilar Led Zeppelin, yakni Jimmy Page (gitaris) dan Robert Plant (vokalis). Melalui album ini, band asal Inggris ini menjadi terkenal ke seluruh dunia, dan sampai sekarang telah terjual sekitar 37 juta kopi dengan lagu terbaik diantaranya Black dog, Stairway to Heaven, dan Rock and Roll.

5. The Dark Side of the Moon oleh Pink Floyd

The Dark Side of the Moon oleh Pink Floyd

The Dark Side of The Moon oleh Pink Floyd. (Foto: Wikipedia)

Pink Floyd mematahkan anggapan bahwa progresif rock adalah jenis musik yang tidak komersil. Buktinya album Dark Side of The Moon ini dapat terjual hingga 50 juta kopi di seluruh dunia dan bertahan selama 741 minggu pada Billboard 200 selama tahun 1973 sampai 1988. Selain itu, cover album dari band yang beranggotakan ichard Wright, David Gilmour, Nick Mason dan Roger Waters ini juga merupakan salah satu yang paling ikonik sepanjang masa.

Konsep album Dark Side of the Moon sendiri menggambarkan tekanan-tekanan dalam kehidupan moderen

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW