Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Tidak Melulu Horor, Rasa Ingin Tahu Tinggi Juga Miliki Manfaat Lho

Tidak Melulu Horor, Rasa Ingin Tahu Tinggi Juga Miliki Manfaat Lho Ilustrasi penasaran. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Memiliki rasa ingin tahu yang besar menjadi sebuah kelebih bagi seseorang. Jika seseorang mampu mengarahkan rasa ingin tahu kepada hal-hal yang positif, sifat tersebut akan menjadi keuntungan bagi orang tersebut. 

Namun sebaliknya, jika rasa ingin tahu tersebut digunakan untuk hal-hal yang negatif, sifat tersebut bisa menjadi bumerang dan akan menimbulkan masalah.

Berikut adalah lima manfaat rasa ingin tahu pada manusia yang dirangkum Pantau.com.

1. Dapat Memperkuat Hubungan 

Rasa ingin tahu tentang orang-orang dan lingkungan sekitar dapat membuat kehidupan sosialmu lebih kaya. Jika kau menunjukkan minat pada apa yang seseorang katakan dan memiliki cara mendiskusikan hal-hal yang menarik dengan orang lain, mungkin mereka bisa menikmati menghabiskan waktu denganmu.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Kenali Ciri-ciri Pembohong

2. Dapat Membantu Melindungi Otak

Pernahkah kamu mendengar kalau teka-teki silang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer? Menginginkan pengalaman-pengalaman baru tentu tak akan menyakitkan.

3. Membantu Mengatasi Rasa Cemas

Merupakan hal normal jika kau cemas atau gugup sebelum menghadapi hari besarmu. Namun, rasa ingin tahu dan kegembiraan tentang sesuatu misanya, tentang orang baru, mungkin bisa mendorong pergi kecemasanmu.

BacaJuga: Benarkah Obesitas Bikin Sperma Berkurang?

4. Berhubungan Dengan Kebahagiaan

Salah satu teori tentang kebahagiaan adalah  mengembangkan poin kebahagian sejak dini. Menurut Kashdan, tingkat kebahagiaan naik dan turun tergantung peristiwa positif dan negatif yang dialami. Dia mengatakan, rasa ingin tahu dapat meningkatkan kebahagiaan beberapa derajat. 

5. Dapat Membantumu Belajar

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neuron menemukan, akan lebih mudah untuk mempelajari hal-hal yang tidak menarik saat rasa ingin tahumu terusik.

Misalnya, saat kau mencoba mempelajari sesuatu, cobalah menonton acara televisi favoritmu dulu selama 10 menit. Hal ini akan memberimu masa istirahat yang cukup dan akan mengusik rasa ingin tahumu tentang hal yang sedang kau coba pelajari sekaligus merangsang pusat kesenangan di otakmu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: