Pantau Flash
Bamsoet: Deklarasi Benny Wenda Makar, Pemerintah Harus Tindak Tegas
Rekor Lagi! Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Naik 8.369 Hari Ini
Lemhannas: Benny Wenda Tidak Punya Kewenangan untuk Deklarasi Papua Barat
Ditangkap Bareskrim di Bogor, Ustadz Maaher Jadi Tersangka Kasus UU ITE
Dari Penggeledahan Rumah Dinas Edhy Prabowo, KPK Temukan Uang Rp4 Miliar

Tips Dekorasi Rumah Nyaman untuk Bekerja

Tips Dekorasi Rumah Nyaman untuk Bekerja Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com -  Pandemi COVID-19 menuntut sebagian besar masyarakat untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH). Konsep Small Office Home Office (SOHO) yang menggabungkan antara hunian dan perkantoran pun juga menjadi pilihan banyak orang saat ini agar rumah menjadi tempat yang nyaman untuk dipakai bekerja.

Terdapat sejumlah kiat yang dibagikan Owner of Hōmu Living, Mima Anisakusuma, untuk mendekorasi rumah agar menjadi tempat yang menyenangkan dan tidak membosankan ketika sedang bekerja dari rumah.

"Yang paling penting adalah kita mencari posisi yang nyaman banget untuk menaikkan mood bekerja di rumah," kata Mima melalui webinar bertajuk "Tips Membangun Rumah Bagi Pasangan Milenial", beberapa waktu lalu.

Baca juga: Perlu Dicoba Nih, Cara Menghemat Kouta Internet Selama WFH

Dengan menentukan spot terbaik untuk bekerja, otomatis semangat bekerja pun akan terdorong dan terjaga mood-nya. Ini juga senada dengan menentukan warna-warna pendukung di rumah. Mulai dari warna dinding, hingga pemilihan perabotan yang melengkapinya.

Oleh karenanya, penting untuk mencari referensi warna, furnitur, budget, dan lain sebagainya. Mima mengatakan, pilihan warna bumi (earthy tone) merupakan warna yang paling mudah menaikkan nuansa nyaman bagi penghuni maupun tamu yang mungkin akan berkunjung.

"Pilih warna dengan tone earthy, lalu diikuti dengan color statement yang kita suka. Color pallete olive itu paling enak untuk dilihat, menimbulkan kesan nyaman dan homey, and everybody will enjoy," jelas Mima.

Sementara, untuk perabotan, Mima menyarankan untuk membuka diri seluas-luasnya terhadap referensi dari banyak tempat. Ia menyebutkan, di internet terdapat aneka referensi konsep hunian hingga perabotan yang cocok dengan konsep tersebut.

Banyaknya referensi akan semakin mengarahkan pengguna untuk melakukan desain dan dekorasi secara terarah. Konsep hunian minimalis, misalnya, biasanya dilengkapi dengan perabotan multifungsi dengan gaya Skandinavia yang sederhana, fungsional, namun tetap elegan.

Baca juga: Bikin Makanan Lebih Enak, MSG Ternyata Tak Seberbahaya yang Orang Kira

Selain interior, Mima juga menyarankan untuk menaruh perhatian kepada eksterior, seperti memberikan porsi tertentu untuk tanaman hijau. Selain menambah estetika hunian, ini juga akan menjaga mood penghuni dan sirkulasi udara di rumah dengan baik.

"Di rumah harus ada porsi untuk landscape seperti tanaman hijau-hijauan. Kombinasikan dengan baik, karena sirkulasi udara berjalan dengan ada landscape di rumah," kata Mima.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty