Tren Skin Cycling. Apa Manfaatnya untuk Kulit?

Headline
Tren Skin Cycling. Foto : (Pinterest)

PantauSkin cycling adalah tren perawatan kulit terbaru yang menghebohkan TikTok. Diciptakan oleh dokter kulit Dr. Whitney Bowe, skin cycling adalah metode menggilir produk perawatan kulit untuk dipakai sepanjang minggu sehingga kamu tidak melakukan pengelupasan kulit secara berlebihan.

Whitney Bowe, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York yang memperkenalkan skin cycling kulit di TikTok, mengatakan bahwa skin cycling mendorong orang untuk menggunakan produk secara strategis untuk saling melengkapi dan mengurangi iritasi pada kulit yang tidak perlu.

“Skin cycling adalah pendekatan perawatan kulit yang kurang lebih, berhati-hati tentang rutinitas perawatan kulit,” kata Bowe seperti dikutip dari VeryWellHealth, Oktober 2022. 

Meskipun tren ini baru populer, teknik penerapannya tidak sulit. Kuncinya terletak pada produk-produk perawatan kulit yang akan kamu aplikasikan selama empat malam berturut-turut.

Lalu, apa saja produk-produk yang dibutuhkan? Berikut tahapan cara pemakaiannya di kulit seperti dilansir dari BalancedBlackGirl :

MALAM PERTAMA  : PENGELUPASAN KULIT

Hari pertama berfokus pada pengelupasan kulit. Pada dasarnya, setelah pembersihan, Dr. Bowe merekomendasikan penggunaan produk yang berfungsi sebagai pengelupas kimiawi. 

Eksfoliasi kimiawi biasanya mengandung asam yang melarutkan kotoran yang menyumbat pori dan sel kulit mati sehingga membuat kulit kamu lebih rata dan teksturnya lebih baik. Eksfoliasi kimiawi yang paling umum adalah AHA (asam alfa-hidroksi) yaitu asam yang berasal dari tumbuhan untuk mengelupas sel kulit berlebih dan mendukung produksi kolagen untuk mengurangi garis dan kerutan.

Kemudian BHA (asam beta-hidroksi) yaitu asam pelawan jerawat yang larut dalam minyak, membantu mengurangi minyak berlebih di kulit untuk membuka pori-pori yang tersumbat. 

Pengelupasan atau eksfoliasi harus digunakan pada kulit bersih dan diikuti dengan pelembab. Pengelupasan kimia tidak boleh digunakan bersama retinol.

MALAM KEDUA : RETINOL

Malam kedua rutinitas skin cycling berfokus pada penggunaan retinoid. Retinoid adalah topikal yang berasal dari Vitamin A dan telah lama dipelajari di bidang perawatan kulit. Penelitian menunjukkan retinoid efektif meningkatkan pergantian sel di kulit, meningkatkan produksi kolagen, memudarkan bintik-bintik penuaan, dan mengobati jerawat.

Ada berbagai bentuk retinoid yang tersedia di pasaran. Beberapa yang paling umum adalah Retinol, istilah yang digunakan untuk retinoid bebas yang dapat ditemukan dalam produk perawatan kulit konvensional. 

Bagi yang baru menggunakan retinoid, mungkin ada periode penyesuaian awal. Produk-produk ini hanya boleh digunakan pada kulit yang bersih dan kering, dan tidak boleh digunakan pada siang hari karena dapat membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Retinoid tidak boleh digunakan oleh mereka yang sedang hamil atau menyusui. Beberapa orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami reaksi merugikan saat menggunakan produk berbasis retinoid. Bagi mereka yang tidak dapat menggunakan retinoid, Bakuchiol adalah alternatif turunan tumbuhan yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam penelitian.

Saat menggunakan retinoid jenis apa pun, pastikan kamu menggunakan tabir surya di siang hari.

MALAM KETIGA dan KEEMPAT : PEMULIHAN

Setelah pengelupasan pada malam pertama dan menggunakan retinol pada malam kedua, siklus kulit malam ketiga dan keempat melibatkan memberi istirahat pada kulit sehingga dapat memperbaiki dan memulihkan diri.

Pada malam pemulihan, kamu bisa fokus menggunakan bahan-bahan perawatan kulit yang akan menghidrasi dan menutrisi kulit seperti Asam Hyaluronic yaitu zat yang licin dan menghidrasi yang terjadi secara alami di dalam tubuh. Saat dioleskan, dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan, 

Kemudian lanjut mengoleskan Peptida, produk yang mengandung asam amino membantu memperbaiki kulit, meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki tekstur kulit, lalu Gliserin dan Squalane sebagai pelembab dengan sifat yang mirip dengan minyak alami kulit. Membantu meningkatkan hidrasi di kulit dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

Setelah kamu menjalani pemulihan selama dua malam, mulailah kembali dari awal dengan pengelupasan kulit, dan terus bergilir sepanjang minggu.

Menurut Dr. Bowe, orang dengan kulit sangat berminyak dapat memperoleh manfaat dari rejimen tiga hari (hanya satu malam untuk pemulihan sebelum kembali melakukan pengelupasan kulit).

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari