Trik supaya Baterai Awet Selamanya dengan Cara Dimasukkan ke Magic Com, Hoax!

Headline
Sebuah video yang memperlihatkan trik baterai awet dengan cara dimasukkan ke dalam magic com beredar di media sosial. (turnbackhoax.id)Sebuah video yang memperlihatkan trik baterai awet dengan cara dimasukkan ke dalam magic com beredar di media sosial. (turnbackhoax.id)

Pantau – Sebuah video yang memperlihatkan trik baterai supaya awet dengan cara dimasukkan ke dalam magic com beredar di media sosial.

Video diunggah akun Tiktok Gandul Gt. Dalam video tersebut diperlihatkan langkah-langkahnya.

NARASI:
“jadi gak pernah beli batu battrey lagi selamanya”

caption
“trik biar batu battrey awet selamanya

Penjelasan

Dilansir turnbackhoax.id, Selasa (16/8/2022), dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Profesor Muhammad Nizam, tidak menyarankan masyarakat melakukan trik tersebut untuk membuat baterai menjadi awet.

Baterai yang dipanaskan akan menimbulkan kerusakan fisik berupa kebocoran hingga meledak. Bukan hanya itu, hal tersebut bisa beresiko mulai dari baterai mati hingga muncul kontaminasi jika ternyata dalam baterai tersebut mengandung zat yang mudah menjadi uap.

“Tidak disarankan, karena berbahaya,” ujar Nizam, dikutip dari Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, peningkatan suhu di lingkungan baterai akan membuat elektron terstimulasi, sehingga seolah-olah baterai tersisi ulang dan berfungsi kembali.

Namun hal tersebut bersifat sementara. Pada kelembapan ruang tertentu atau suhu operasional baterai akan bisa beroperasi dengan baik. Sementara memanaskan di magic com merupakan metode berbahaya.

Kesimpulan

Dengan demikian video trik mengawetkan baterai dengan memasukannya ke dalam magic com tidak benar, dan masuk sebagai kategori konten yang menyesatkan.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan