Pantau Flash
BPJS Kesehatan Kembangkan Dashboard Monitoring Klaim COVID-19
Moeldoko pada KAMI: Jangan Coba-coba Ganggu Stabilitas Politik
Amien Rais Umumkan Nama Parpol Barunya Bernama Partai Ummat
BPS: Terjadi Deflasi 0,05 persen pada September 2020
Resmi! Mulai Hari Ini Beli Mobil DP 0 Persen

Uki Keluar dari NOAH, Ini 5 Personel Band yang Cabut Jelang Rilis Album

Uki Keluar dari NOAH, Ini 5 Personel Band yang Cabut Jelang Rilis Album Uki keluar dari Noah. (Foto: Wowkeren.com)

Pantau.com - Sebuah grup musik terbentuk berawal dari sebuah chemistry yang sama antar anggotanya. Banyak kisah inspirasi muncul dari tiap anggota band dengan menciptakan musikalitas yang yahud contohnya.

Banyak yang menilai sebuah band adalah keluarga, di mana musik menjadi tujuan hidupnya. Namun, dunia musik tak selamanya asyik, ada saja tantangannya seperti personel cabut karena tak merasa satu visi lagi.

Seperti gitaris band NOAH baru-baru ini, Mohamad Kautsar atau yang akrab dikenal sebagai Uki. Ia mengumumkan resmi keluar dari band yang mengangkat namanya sejak 1998 silam, Uki mengumumkan cabut lewat unggahan di media sosialnya, pada Kamis 8 Agustus 2019 malam. "Hari ini saya melepaskan diri dari Noah. Terima kasih kepada semua yang ada di Noah, Lukman, David, semua team produksi Noah," tulis Uki.

Sebelumnya, Uki terlibat dalam pembuatan album terbaru Noah yang rencananya akan rilis pada September. Dalam dunia musik, keputusan yang diambil Uki bukan lah yang pertama, ada beberapa musisi yang cabut dari bandnya sebelum album dirilis. Parahnya, bahkan ada yang bubar.

Pantau.com merangkum personel band yang cabut sebelum album dirilis, ada siapa saja?

1. The Fly

Personel band The Fly. (Foto: Istimewa)

The Fly pernah berkibar lewat lagunya yang berjudul Terbang pada tahun 2000. Band ini terdiri dari 7 orang yaitu Kin (Gitar, Vokal), Levi (Bass), B'Jah (Vokal), Adith (Keyboard), Iren (Gitar Elektrik), Kus (Gitar Akustik) dan Irwan (Drum).

Namun, sang vokalis, B'Jah akhirnya memutuskan keluar dari The Fly pada awal tahun 2005 setelah merilis album Keindahan di Dunia. Hal itu dikarenakan B'Jah ingin meneruskan kuliah S1 di bidang hukum sejak lama.

Hampir selama dua tahun, The Fly tidak memiliki vokalis tetap. Sampai akhirnya pada tahun 2007, The Fly merekrut Firman Siagian alias Gian, finalis tiga besar Indonesian Idol Musim Kedua.

Baca juga: Pamit dari Noah, Uki: Tujuan Hidup Berubah

2. Last Child

Last Child. (Foto: Istimewa)

Nama Last Child sendiri sebenarnya tidak mempunyai arti spesial. Awal mereka membentuk band ini ketika usia mereka muda. Mengikuti audisi band, dan tak disangka-sangka, mereka bisa lolos.

Dari situ kemudian mereka bertekad untuk meneruskan Last Child dengan serius. Band ini merupakan band yang menjadikan Blink 182 sebagai influence mereka.

Last Child mengalami beberapa kali pergantian pesonel. Ari dan Yodi keluar dari band, sehingga formasi terakhir saat menggarap album studio pertama mereka tahun 2012 adalah Virgoun (vokal & gitar), Dimas (bass & vokal), Mamie (gitar), ipank rizki (drum).

3. Panic! at The Disco


Personel lama Panic! at the Disco. (Foto: fanpop)

Panic! at the Disco merupakan grup musik rock dari Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 2004. Sebelumnya band ini digawangi Ryan Ross, Spencer Smith, Brent Wilson dan Brendon Urie. Namun, saat ini grup ini hanya menyisakan vokalis yakni Brendon Urie.

Pada musim semi 2009, Panic! at the Disco mulai merekam bahan untuk album studio ketiga mereka. Tetapi pada 6 Juli 2009, Ryan Ross dan Jon Walker mengumumkan melalui situs web resmi grup bahwa mereka berdua akan keluar.

Dalam suatu wawancara menyusul renggangnya grup ini, Ross mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh perbedaan visi bermusik antara Urie dengannya. Urie menginginkan grup ini untuk lebih mengeksplorasi musik pop, sementara Ross dan Walker tertarik pada musik rock bernuansa retro.

Baca juga: 5 Kontroversi Orang Indonesia, Salah Satunya Menyendiri Meski Banyak Istri

4. The Beatles

The Beatles. (Foto: Discogs)

Siapa yang tidak mengenal band asal Liverpool, Inggris ini. The Beatles merupakan band legendaris yang diisi oleh  John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), dan Ringo Starr (drum, vokal).

Pada awalnya, Beatles sukses dengan tembangnya berjudul Love Me Do, Please Please Me. Lagu ini lebih diterima dengan cukup antusias, hingga menduduki nomor 2 di tangga lagu Britania Raya di Januari 1963. Namun, ketika Beatles membuat album White Album pada 1968, ketegangan terjadi. Adalah Lennon yang tidak senang akan tindakan McCartney yang mengambil alih kepemimpinan band.

Ia membenci proyek-proyek yang dipimpin McCartney, seperti film Magical Mystery Tour dan Let It Be. Lennon juga menjadi orang yang pertama kali melanggar kesepakatan awal The Beatles, yaitu untuk tidak membawa istri dan pacar pada proses rekaman. Kala itu, ia Yoko Ono dalam proses pembuatan album. Lennon pun menjadi orang yang pertama menyatakan ingin keluar dari The Beatles.

Pada tahun 1970, band fenomenal ini resmi bubar, perseteruan antara Lennon dan McCartney terus berlanjut. Salah satunya yakni Lennon kesal karena McCartney mendahuluinya dalam menyatakan bubarnya The Beatles.

5. Scorpions

Scorpions saat bersama Uli Roth. (Foto: Istimewa)

Band ini dibentuk pada tahun 1969 di Hannover, Niedersachsen, Jerman. Anggotanya terdiri dari Rudolf Schenker (Ritem gitar/Vokal), Karl-Heinz Follmer (Lead Gitar), Lothar Heimberg (Bass), dan wolfgang Dziony (Drum). Pada tahun 1971, Michael Schenker (adik Rudolf Schenker) bergabung kedalam band sebagai lead gitar

Tembang Scorpions yang paling dikenal yaitu Rock You Like a Hurricane, Wind of Change dan Still Loving You.

Pada 1973 terjadi prahara, Michael Schenker keluar dan digantikan oleh Uli Jon Roth. Bersama Uli Roth, Scorpions menelorkan empat album berturut-turut bersama RCA Record : Fly to The Rainbow (1974), In Trance (1975), Virgin Killer (1976), dan Taken by Force (1977).

Meskipun album-album mereka tersebut gagal mendapatkan perhatian serius oleh publik di Amerika, namun mereka mampu meraih sukses di Jepang. Pada saat rilis album Taken by Force, Uli Roth memutuskan untuk keluar dan membentuk Electric Sun setelah merasa bahwa arah bermusiknya berbeda dengan scorpion. Tokyo Tapes merupakan double live album yang mereka rekam di Tokyo bersama Roth rilis pada tahun 1978. Setelah itu Roth pun keluar dari band. 

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - RZS

Berita Terkait: