Video Polisi Cina di Indonesia, Cek Faktanya

Headline
Video memperlihatkan salah satu dari beberapa anggota polisi mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Mandarin. (turnbackhoax.id)Video memperlihatkan salah satu dari beberapa anggota polisi mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Mandarin. (turnbackhoax.id)

Pantau.comAkun Facebook Misra Jiwaku (fb.com/100075449285890) pada 19 Januari 2022 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan salah satu dari beberapa anggota polisi mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Mandarin.

Narasinya sebagai berikut:

“polisi cina kok di indonesia”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, adanya video polisi yang mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Mandarin yang diklaim sebagai polisi Cina merupakan klaim yang salah.

Faktanya bukan polisi Cina. Polisi di video itu merupakan polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yang belajar bahasa Mandarin di Sekolah Bahasa (Sebasa) di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri).

Video yang identik diunggah di akun Instagram Sebasa Lemdiklat Polri (instagram.com/sebasa.polri.official) pada 5 November 2019 dengan narasi “Eiitttss.. Ini bukan polisi impor lo.. tp polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yg sedang belajar bahasa Mandarin di Sebasa”

Selain itu, akun ini juga mengunggah dua video lain yang memperlihatkan mantan siswa Sebasa yang berdinas di Polda Jateng mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Arab dan juga siswa yang mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Perancis.

Sebasa Lemdiklat Polri mengajarkan bahasa asing kepada seluruh anggota Polri untuk mendukung tugas operasional yang berkaitan dengan penggunaan bahasa asing.

Bahasa yang diajarkan meliputi bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, bahasa Perancis dan bahasa Arab. Sebasa Polri juga mengajarkan bahasa Indonesia kepada polisi dari luar negara Indonesia, atau disebut Perwira Mancanegara, yang akan melaksanakan pembelajaran kepemimpinan kepolisian di Indonesia.

Kesimpulan

Bukan polisi Cina. Polisi di video itu merupakan polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yang belajar bahasa Mandarin di Sekolah Bahasa (Sebasa) di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri).

rn

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Tim Pantau.com