Video Presiden Jokowi Jenguk Lesti Kejora di Rumah Sakit, Cek Faktanya

Headline
Hoax Presiden Joko Widodo sedang menjenguk Lesti Kejora di rumah sakit. (turnbackhoax.id)Hoax Presiden Joko Widodo sedang menjenguk Lesti Kejora di rumah sakit. (turnbackhoax.id)

Pantau – Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami Lesti Kejora menyita perhatian publik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan dikabarkan menjenguk Lesti yang tengah dirawat di Rumah Sakit Bunda Jakarta.

Informasi itu disampaikan akun YouTube CCTV SELEB dengan judul HARI INI || PRESIDEN JOKOWI JENGUK LESTI KEJORA DIRUMAH SAKIT TANPA KEHADIRAN RIZKY BILLAR !

Video yang diunggah Minggu, 2 Oktober 2022 itu sudah ditonton 513.882 kali dan disukai 4,5 ribu.

Penjelasan

Namun, berdasarkan penelusuran yang dilakukan Pantau.com, kabar itu merupakan hoax. Dalam video yang tampak Presiden Jokowi sedang berdiri di samping Lesti yang tengah berbaring adalah foto suntingan.

Dilansir turnbackhoax.id, video yang dibagikan menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil suntingan. Salah satu segmen video yang digunakan adalah ketika Jokowi meninjau RSDC (Rumah Sakit Darurat Corona) pada tahun 2020 lalu, bukan sedang menjenguk Lesti Kejora.

Salah satu sumber foto yang digunakan di gambar pratinjau adalah saat Presiden Jokowi meninjau kesiapan fasilitas umum di Stasiun MRT, Bundaran Hotel Indonesia, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (26/5).

Dalam penelusuran Pantau.com, agenda kegiatan Presiden Jokowi sejak Senin kemarin di Sekretariat Kabinet, tidak ada jadwal Jokowi menjenguk Lesti.

Selain itu, di akun Instagram Presiden Jokowi juga tidak ada postingan terkait kunjungan ke Lesti Kejora. Postingan terakhir Presiden terkait soal tragedi Kanjuruhan.

Kesimpulan

Video yang diunggah bukan sedang menjenguk Lesti Kejora. Video yang dibagikan menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil suntingan.

Salah satu segmen video yang digunakan adalah ketika Jokowi meninjau RSDC (Rumah Sakit Darurat Corona) pada tahun 2020 lalu. Dengan demikian, informasi itu merupakan hoax kategori yang salah.

 

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan