Viral Fortuner Terjungkal saat Cuci Hidrolik

Tangkapan layar/Instagram/kabarnegeriTangkapan layar/Instagram/kabarnegeri

Pantau.com – Viral video yang merekam detik-detik sebuah mobil Fortuner terjungkal saat dicuci hidrolik. Jatuhnya Fortuner itu terekam dalam kamera CCTV.

Saat diangkat, mobil itu langsung miring ke sebelah kanan dan jatuh.

Ada dua pria yang sedang membersihkan ban mobil. Untungnya, mereka berdua tidak ditimpa mobil Fortuner itu.

Video tersebut diunggah oleh akun @kabarnegeri di Instagram dengan keterangan, “Mobilnya nggak jadi bersih, malah rusak. Kira-kira salah siapa.⁉️.”

Berkat video tersebut, banyak warganet yang menjadi ragu untuk mencuci mobil mereka dengan sistem hidrolik.

Ada pula yang mengatakan penggunaan hidrolik dalam video itu tidak tepat.

“Hidroliknya yang model lama, gak yang baru itu lebih aman,” tulis seorang warganet.

“Ini hidrolik jaman dulu, emang sering bikin musibah hidrolik kaya gini, uda ada hidrolik palang dua,” tulis warganet lainnya.

Andry Berlianto selaku Instruktur Defensive Driving dan Riding GDDC menyarankan pengendara untuk lebih selektif dalam memilih tempat cuci mobil hidrolik.

Memilih tempat yang sudah memiliki nama dan berpengalaman menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, mempertimbangkan tipe sistem hidrolik juga perlu dilakukan, tipe thunder H misalnya.

“Pilih tempat mesin cuci hidrolik dengan sistem hidrolik tipe thunder H (bentuk seperti huruf H), itu jenisnya ada penopang ke seluruh empat roda kendaraan dan jauh lebih aman (pada video tampak bukan tipe thunder H),” terang Andry, Kamis (23/6/2022).

Memarkirkan mobil sendiri ke sistem hidrolik juga berbahaya, oleh sebab itu Andry menyarankan para pengendara untuk meminta bantuan pekerja di tempat cuci mobil untuk memarkirkannya langsung.

Tim Pantau