Viral! Gegara Sering Bareng Teman yang Ngevape, Gadis 18 Tahun Ini Idap Radang Paru

Gadis 18 tahun mengidap radang paru akibat sering terpapar asap vape dan rokok (Tangkapan layar/TikTok/@Julyy)Gadis 18 tahun mengidap radang paru akibat sering terpapar asap vape dan rokok (Tangkapan layar/TikTok/@Julyy)

Pantau.com – Seorang gadis berusia 18 tahun bernama Juliana Permatasari mengidap radang paru akibat terlalu sering terpapar asap rokok dan vape.

Gadis asal Cirebon itu membagikan kisahnya dalam beberapa video melalui akun TikToknya, @julyy, dan kemudian menjadi viral.

Akibat penyakit yang ia derita, Juliana harus dilarikan ke rumah skit dan menjalani rawaat inap selama seminggu. Setelah itu, ia harus menjalani kontrol rutin dan rawat jalan selama enam bulan di rumah sakit.

Awalnya, Juliana mengira kelelahan karena terlalu banyak beraktivitas adalah penyebab dari penyakit yang ia idap.

Juliana berpesan, agar tidak sering terkena angin malam dan terlalu lama di lingkungan dengan banyak orang yang merokok dan ngevape.

“Please jangan suka kena angin malam, sama terlalu lama di sekitar lingkungan yang banyak orang ngeroko/ngevape,” tulisnya.

Juliana mengaku radang parunya disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini dipicu oleh seringnya ia berada di lingkungan berasap rokok, keluar di malam hari dan pola hidupnya yang tidak sehat.

“Jadi aku ngejalanin rawat jalan selama 6 bulan ya,” sambungnya.

Tak ingin lebih banyak orang mengalami hal yang sama, Julia berpesan, saat pertama kali mengeluhkan sesak napas, segera memeriksakan diri ke dokter agar perkembangan gejala tidak semakin parah dan tidak sulit diobati.

Hingga berita ini dibuat, lebih dari 300 ribu orang telah menyukai video yang diunggah Julia. Banyak juga pengguna TikTok yang mengaku mengidap penyakit yang sama dengan Juliana.

Tim Pantau