Pantau Flash
Hasil Survei: Ahok Unggul Atasi Banjir-Macet Ketimbang Anies
Ahsan/Fajar Bawa Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships 2020
Andre Rosiade Grebek Prostitusi Online, Gerindra: Itu Tidak Salah
5.518 SPBU Akan Dipasang Digital Nozzle
Menko Luhut Beberkan Upaya Indonesia Tekan Defisit Perdagangan

Waduh, Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Bisa Picu Penyakit!

Waduh, Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Bisa Picu Penyakit! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kebanyakan orang mungkin pernah melakukan tiup lilin ketika sedang ulang tahun. Kebiasaan itu seakan telah menjadi tradisi setiap kali merayakan bertambahnya jumlah usia. 

Tapi dibalik kesenangan perayaan tersebut ada fakta yang cukup menyedihkan. Penelitian dari Clemson University, South Carolina, Amerika Serikat menyebutkan bahwa tiup lilin di atas kue ketika ulang tahun bisa picu berbagai penyakit. 

Melansir dari The Independent, penyakit-penyakit itu ditimbulkan dari bakteri yang tersebar pada kue ulang tahun. Lantaran meniup lilin meningkatkan penyebaran bakteri hingga 1.400 persen. Bakteri itu dibawa mulut saat meniup lilin. 

Baca juga: 5 Cara Alami Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat, Nomor 4 Tak Disangka-sangka

Napas manusia mengandung bakteri dan partikel debu yang disebut dengan bioaerosol. Bakteri dan partikel ini lah yang dapat berpindah dari mulut ke permukaan kue saat meniup lilin kue ulang tahun. 

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Food Research ini mengamati sejumlah responden yang meniup lilin di atas sepotong kue dengan kandungan gula yang tinggi. 

Hasilnya ditemukan bahwa tiup lilin bisa meningkatkan penyebaran bakteri yang dapat picu sejumlah penyakit.

Baca juga: Lakukan 5 Kebiasaan Sepele Ini Agar Terhindar dari Pilek

Kasus penularan penyakit ketika meniup lilin kue ulang tahun sebenarnya termasuk jarang. Tapi, bukan berarti mustahil. Masih ada kemungkinan penyebaran kuman ketika kue tersebut dimakan.

Bila sedang sakit, meniup lilin di atas kue ulang tahun tentu bisa jadi masalah. Apalagi bila orang-orang di sekitar mu yang sistem imunnya sedang lemah.

Dr. Christopher Hollingsworth, ahli bedah endovaskular di NYC Surgical Associates mengatakan, risiko penularan penyakit cenderung lebih rendah bila orang yang meniup lilin tidak sedang sakit.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam