Walkot Serang Benarkan Tandatangani Surat Rekomendasi PPDB, untuk Siapa?

Headline
Surat rekomendari Walikota Serang viral. (Foto: Tangakapan layar)

Pantau – Wali Kota Serang Syafrudin membenarkan dirinya yang menandatangani surat rekomendasi untuk menerima salah satu calon siswa yang mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 Serang.

Dalam unggahan di Twitter foto tersebut terlihat, di bagian atas terdapat kop surat burung garuda bertuliskan WALIKOTA SERANG. Surat tersebut diunggah akun twitter @dawiguna.

Dalam surat rekomendasi tersebut terlihat tanda tangan Syafrudin dengan jabatan Wali Kota Serang. Ia meminta pihak SMAN 1 Kota Serang untuk membantu salah satu calon peserta didik baru. Kira-kira untuk siapa memo dari wali kota tersebut ditujukan?

“Untuk dapat dibantu masuk ke SMAN 1 Kota Serang dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru yang sedang diselenggarakan,” demikian isi surat rekomendasi tersebut yang dikutip Pantau.com.

Surat itu pun ditandatangani Wali Kota Serang Syafrudin dan dicap basah tertanggal 20 Juni 2022. Saat dikonfirmasi, Wali Kota Syafrudin membenarkan surat rekomendasi dibuat olehnya. Namun, Syafrudin mengklaim surat itu dikeluarkan untuk membantu masyarakat kurang mampu.

“Orang yang mau sekolah itu harus dibantu, bukan praktik (titip). Namanya mau sekolah, siapa pun yang mau sekolah kalau bisa dibantu untuk warga Kota Serang,” kata Syafrudin ditemui wartawan seusai meninjau pelaksanaan PPDB di kantor Disdik Kota Serang, Selasa (28/6/2022).

Syafrudin menegaskan, ternyata memo surat itu dibuat bukan untuk anak pejabat melainkan anak dari orangtua yang tidak mampu.

“Warga biasa tukang ojek, tukang becak, orang tidak mampu,” ujarnya.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni