Pantau Flash
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern
Polri: Pemilik Zat Radioaktif Ilegal yang Gemparkan Tangsel Pegawai BATAN
Ada Fenomena CENS dari Laut China Selatan dalam Banjir Jakarta
Marquez Akui Sempat Kesulitan dengan Motor Baru Honda

Waspada! 5 Makanan Ini Dapat Menjadi Pemicu Penyakit Jantung

Waspada! 5 Makanan Ini Dapat Menjadi Pemicu Penyakit Jantung Makanan Cepat Saji. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan yang banyak menyerang manusia. Bukan hanya menyerang para orang tua, banyak juga dari remaja yang terindikasi terkena penyakit jantung.

Banyak faktor risiko yang bisa mempengaruhi seseorang terkena penyakit jantung, terutama faktor asupan makanan yang mereka makan setiap harinya. Jika kamu ingin menjaga jantungmu tetap sehat dan bugar, cobalah hindari 5 makanan berikut ini:

1. Makanan Cepat Saji


Makanan Cepat Saji. (Foto: Istimewa)

Ahli kardiologi dari Hofstra University mengatakan, terlalu banyak konsumsi lemak jenuh yang berasal dari hewan dan karbohidrat berdampak buruk bagi kesehatan jantung.  Memasak makanan sendiri dan menghindari makanan cepat saji bisa menjadi upaya cerdas mengurangi kombinasi lemak jenuh dan karbohidrat.

Baca Juga: Konsumsi Ekstrak Bayam Ampuh Turunkan Berat Badan

2. Daging Olahan


Daging Olahan. (Foto: Istimewa)

Daging olahan semisal sosis dan baconterlalu banyak mengandung lemak jenuh. Memilih makanan yang mengandung lemak jenuh dibolehkan asal dengan kadar yang rendah, perlu waspadai juga kandungan garamnya yang tinggi. Enam potong daging olahan (deli meat) bisa mengandung setengah kebutuhan garam harian kamu, menurut asosiasi kesehatan jatung di Amerika.

3. Makanan yang Digoreng


Gorengan. (Foto: Istimewa)

Banyak studi telah menunjukkan, makanan yang digoreng semisal kentang goreng dan sebagainya meningkatkan resiko penyakit jantung. Metode memasak ini memunculkan lemak trans, yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh. Untuk itu sebaiknya hidari makanan yang digoreng secara massal, semisal gorengan.

Baca Juga: Terlalu Banyak Olah Raga Bisa Berdampak Buruk Pada Jantung?

4. Margarin


Margarin. (Foto: Istimewa)

Masih menjadi perdebatan tentang munculnya resiko penyakit kardiovaskular akibat lemak jenuh, seperti misalnya dalam margarin. Namun, konsumsi makanan mengandung lemak trans yang tinggi tampaknya memang meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Agar aman, pilih lah margarin yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial, atau tetap dengan minyak zaitun sebagai gantinya.

5. Soda


Minuman Soda. (Foto: Istimewa)

Sejumlah penelitian menunjukkan, mereka yang mengonsumsi soda cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada mereka yang tak minum soda. Selain itu, bahan kimia dalam minuman soda sebenarnya dapat mengubah bakteri pencernaan dan membuat orang lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Berat badan berlebih merupalan salah satu faktor  munculnya resiko penyakit jantung.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam