Pantau Flash
Untuk Mencegah Virus Korona, Menparekraf: Perlu Ada Langkah Antisipatif
Pemerintah Tunggu Rekomendasi WHO Soal Travel Warning ke China
Pemerintah Diminta Cabut Kebijakan Bebas Visa bagi Warga China
Filipina Hentikan Pemberian 'Visa on Arrival' bagi Warga China
Jokowi: Indonesia Alami Obesitas Regulasi

Waspada, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Orang Kidal

Waspada, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Orang Kidal Ilustrasi kidal. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Orang kidal memiliki masalah kesehatan yang mengejutkan, mulai dari anxiety atau kecemasan hingga kanker payudara. Lantas apa yang membuat orang kidal memiliki risiko yang lebih rentan terhadap berbagai penyakit?

"Ada keyakinan yang terkenal dalam penelitian terdapat korelasi yang tidak sama sebab-akibatnya," kaya Eugene Charles, seorang chiropractor yang berbasis di New York dan direktur Applied Kinesiology Center of New York.

Penelitian telah menunjukkan bahwa individu kidal lebih cenderung berisiko untuk kondisi kronis tertentu. Berikut 5 masalah kesehatan yang mengintai orang kidal dilansir dari The Healthy

1. Kematian dini


Ilustrasi. (Shutterstock)

Penelitian menunjukkan bahwa orang kidal cenderung tidak hidup lama, hal itu kemungkinan karena mereka tengah mencoba manuver jalan melalui dunia yang dominasi dan dirancang untuk orang dengan tangan kanan.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Orang Kidal, jadi Presiden hingga Astronot Misi Apollo

Sebuah studi di The New England Journal of Medicine menemukan bahwa orang kidal lebih dari lima kali berisiko mengalami kematian dalam kecelakaan mobil daripada orang dengan tangan kanan.

2. Gangguan psikotik


Ilustrasi. (Shutterstock)

Menulis dengan tangan kiri dapat menyebabkan risiko untuk beberapa gangguan kejiwaan yang serius. Sebuah studi pada 2013 dari Universitas Yale memandang kekasaran pasien di rumah sakit kesehatan mental.

Penelitian menemukan bahwa 40 persen dari pasien skizofrenia dilaporkan menulis dengan tangan kiri mereka. Orang kidal juga dikaitkan dengan gangguan dislekxia dan hiperaktif.

3. Kanker payudara


Ilustrasi. (Shutterstock)

Semua orang mungkin harus secara rutin melakukan pemeriksaan kanker setiap bulannya, tapi ini sangat penting untuk orang kidal. Dalam studi di British Journal of Cancer, para peneliti menemukan bahwa orang kidal memiliki risiko lebih tinggi didiagnosis dengan kanker payudara, terutama setelah menopause.

Baca juga: Infografis Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Orang-orang Kidal

4. Gelisah saat tidur


Ilustrasi. (Shutterstock)

Sebuah studi dari American College of Chest Physicians menemukan bahwa orang kidal lebih berisiko untuk mengalami gangguan gerakan ekstreb. Gangguan ini ditandai dengan menyentakkan lengan dan kaki saat tertidur. 

5. Lebih sering merasa tertekan


Ilustrasi. (Shutterstock)

Individu kidal lebih rentan mengalami emosi negatif dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses perasaan mereka, menurut sebuah studi di Journal of Nervous and Mental Disease.

Jika Anda salah satu orang kidal, jangan berkecil hati. Karena orang dengan kidal yang hanya 10 persen di dunia memiliki kelebihannya tersendiri, salah satunya adalah kreatif. Menurut penelitian dalam Journal of Mental and Nervous Disease, sebagian pelaku di bidang kreatif adalah mereka individu kidal. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam