Pantau Flash
Gunung Semeru Erupsi, Warga Diperingatkan untuk Selamatkan Diri
Bus PO Sudiro Tungga Jaya Terbakar di Ruas Tol Semarang-Solo
Pemkab Garut Salurkan Bantuan Uang untuk Rumah Terendam Banjir
Disiplin Prokes Masih Jadi Satu Cara Cegah Varian COVID-19
Polri Terbitkan Perpol Pengangkatan 57 Eks Pegawai KPK

WhatsApp, Facebook, dan Instagram Down, Ternyata Hal Tak Terduga Ini Jadi Penyebabnya!

WhatsApp, Facebook, dan Instagram Down, Ternyata Hal Tak Terduga Ini Jadi Penyebabnya! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Facebook mengeluarkan pernyataan mengenai penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram. Gangguan yang berdampak ke seluruh pengguna di dunia ini disebabkan perubahan konfigurasi router yang bertugas mengatur lalu litas di pusat data.

"Kami meminta maaf untuk semua orang yang terdampak dan kami berusaha memahami lebih dalam tentang apa yang terjadi hari ini supaya kami bisa terus memperkuat infrastruktur kami," tulis Facebook di laman resmi mereka, dikutip Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Jokowi Hampiri PKL di Sorong, Sempat Bentangkan Spanduk Bertuliskan Ini

Layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp di seluruh dunia padam hampir selama enam jam. Saat ini layanan sudah kembali pulih.

Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer melalui akun Twitter menyatakan mungkin akan butuh waktu sampai layanan mereka pulih 100 persen.

Hasil penelurusan tim Facebook untuk masalah ini, gangguan terjadi karena perubahan konfigurasi pada router tulang punggung mereka, yang bertugas mengatur lalu litas pada pusat data atau data center.

Baca juga: Waduh! Antibodi Vaksin Pfizer Turun 10 Kali Lipat Setelah 7 Bulan Disuntikkan

Perubahan konfigurasi ini, secara berjenjang, menyebabkan perubahan pada pola komunikasi pusat data. Akibatnya, layanan Facebook terhenti.

"Kami ingin memperjelas bahwa kami yakin akar pemadaman ini karena kesalahan perubahan konfigurasi. Kami tidak memiliki bukti bahwa data pengguna disusupi akibat pemadaman ini," kata Facebook.


Tim Pantau
Editor
Adryan N
Penulis
Adryan N

Berita Terkait: