Pantau Flash
Menko Marinves Klaim Bank Dunia Puji Ketangguhan Ekonomi Indonesia
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020

Wuih.... Istri Kapolri Tito Karnavian Siap Pecahkan 3 Rekor Dunia

Wuih.... Istri Kapolri Tito Karnavian Siap Pecahkan 3 Rekor Dunia Tri Tito Karnavian (tengah) (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti)

Pantau.com - Sukses pecahkan rekor dunia (guinness book of record) dengan penyelam terbanyak 2009, di 2019 Wanita Selam Indonesia (WASI) kembali berencana pecahkan tiga rekor pada perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia. 

Tiga rekor itu ialah 3.000 penyelam terbanyak wanita dan pria, rantai manusia terpanjang dalam air dan pembentangan bendera terlebar di dunia.

"Kita adalah Indonesia negara dengan lautan terluas di dunia, kami merasa terpanggil kita harus bangga punya luas lautan yang luas. 2009 kita sudah laksanakan rekor dunia yang belum terpecahkan sampai sekarang, tapi sudah saatnya juga negara Indonesia pecahkan sendiri," ujar Ketua Umum WASI, Tri Tito Karnavian di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan (6/4/2019).

Baca juga: Ikut Kampanye Diet Plastik, Hamish Daud: Sekarang Tren Enggak Nyampah

Selain memecahkan penyelam terbanyak, yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. WASI bekerjasama dengan persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) juga akan memecahkan rekor pembentangan bendera terbesar di laut sebesar 26x40 meter yang sebelumnya dipecahkan Australia. Rekor ketiga yakni rantai manusia terpanjang dalam air yang sebelumnya dipecahkan Amerika.

"Kita harus beri tahu kita mampu. Dunia selam bukan hanya dunia laki-laki dan sebagai kegiatan ekstrim dan hanya bisa dilakukan laki-laki. Padahal tidak demikian, dunia menyelam juga bisa dilakukan wanita dari yang muda sampai senior," ungkap Tri Tito yang tak lain adalah istri Tito Karnavian.

Acara ini juga diharapkan mampu mengkampanyekan lebih luas tentang pelestarian laut dan kesadaran masyarakat Indonesia yang masih jauh dibawah rata-rata.

Baca juga: Lucunya... Hasil Studi Menyebutkan Kucing Mengenal Panggilan Namanya

"Tapi kesadaran masih kurang, karena setelah buang sampah mereka sudah merasa bersih dan santai, tapi sampah yang ada di TPA tidak selesaikan dengan baik," tuturnya.

Laut Manado Sulawesi Utara dipilih sebagai obyek pemecahan rekor ini, dan akan dilakukan pada 3 Agustus 2019 beberapa hari menjelang HUT RI, serta sebagai upaya ikut mempromosikan banyak hal yang berkaitan dengan laut, pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam, dan olahraga selam.

Saat ini yang mendaftar baru sebanyak 600 penyelam, dan bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri melalui laman resmi website WASI.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Dini Afrianti Efendi

Berita Terkait: