YouTube Hapus Konten Aksi Maut ‘Tantangan Makan Deterjen’ yang Viral

Tantangan maut makan deterjen (Foto: BBC)Tantangan maut makan deterjen (Foto: BBC)

Pantau.com – Di awal tahun 2018 ini, dunia maya diramaikan dengan tantangan maut memakan deterjen atau dikenal dengan nama ‘Tide Pod Challange’.


Beberapa orang telah mengikuti tantangan itu dengan memakan dan menelan deterjen dan membagikannya ke media sosial.


Aksi itu tentu berbahaya dan mematikan. Situs video YouTube mengambil langkah cepat untuk menghentikan aksi maut itu dengan menghapus semua video berisi orang-orang yang memakan deterjen.


“Di pedoman komunitas YouTube melarang adanya konten yang mendorong kegiatan yang membahayakan atau merugikan fisik,” kata juru bicara YouTube dalam pernyataannya dilansir BBC, Jumat (19/1/2018).



Channel yang mengunggah video ‘Tide Pod Challange’ telah melanggar kebijakan YouTube dan telah diberikan teguran atau akunnya ditutup.


Sejak 15 hari pertama di tahun 2018, dilaporkan ada 39 orang berusia 13 hingga 19 tahun yang menghubungi American Association of Poison Control Centres (AAPCC) karena keracunan akibat tantangan memakan deterjen.


AAPCC mengatakan maraknya video ‘Tide Pod Challange’ akan menimbulkan masalah kerancunan di masyarakat.


“Tantangan memakan deterjen sama sekali tidak lucu. Karena mengakibatkan masalah kesehatan yang serius,” kata  Stephen Kaminski, direktur eksekutif AAPCC.

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo