Yuk! Kenalan dengan Kucing Busok Asli Indonesia yang Diakui Dunia

Headline
Kucing Busok. Foto : (Pinterest)

Pantau – Kucing Busok telah resmi diakui khas Indonesia. Anabul ini berasal dari Pulau Raas, Madura. Raas adalah pulau kecil. Luasnya hanya 39 kilometer persegi dan dapat ditempuh selama enam jam perjalanan laut dari Sumenep.

Melansir dari laman Mongabay, bentuk wajah dan postur kucing Busok mirip leopard dan kucing hutan. Telinga berdiri tegak, panjang dan runcing. Memiliki rambut pendek dan halus. Warna rambut mirip dengan bulu russian blue dan british shorthair yaitu abu-abu kebiruan polos, bagian perut berwana putih dengan batas tak jelas.

Kucing Busok punya ekor cenderung pendek. Ukuran tubuh lebih besar dari kucing kampung. Telapak kaki lebih gelap dibanding warna bulu. Kucing ini biasa disebut juga kucing Raas, karena ada di Pulau Raas.

Kucing Busok sempat diteliti pada 2009 oleh peneliti biologi bernama Ronny Rachman Noor. Dia meneliti fenotipe dan genotipe kucing tersebut.

Menurut penelitiannya pada Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas IPB, variasi genetika kucing Busok masih tinggi dan tergolong langka. Karena itu, Busok tak ditemukan di luar Pulau Madura seperti anjing Kintamani dan anjing bernyanyi Papua. Busok juga disebut mirip kucing Korat dari Thailand.

Ras kucing Busok telah resmi diakui dunia oleh World Cat Federation (WCF). Pengakuannya melalui sejumlah tahapan. Pertama, pembuktian kemurnian gen Busok hingga generasi ketiga. Selain itu, Indonesia perlu melakukan presentasi dalam forum internasional di hadapan World Cat Congress, organisasi berisi gabungan federasi dan asosiasi pelestari ras kucing dunia yang berdiri sejak 1994.

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari