Bamsoet Klaim NasDem, Muhammadiyah dan PBNU Dukung Utusan Golongan kembali Masuk MPR

Headline
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Dok. MPR RI)Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Dok. MPR RI)

Pantau – Utusan golongan telah lama tiada di MPR RI. Namun kini muncul usulan agar utusan golongan kembali masuk MPR saat pimpinan MPR melakukan kunjungan silaturahmi kebangsaan akhir 2019 ke para tokoh bangsa.

Hal itu disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Ia mengatakan keanggotaan MPR diharapkan tidak hanya dihuni para anggota DPR dan DPD saja.

“Sebelum amandemen keempat, keanggotaan MPR RI terdiri dari anggota DPR, Utusan Daerah, dan Utusan Golongan. Setelah amandemen keempat, keanggotaan MPR RI hanya terdiri dari anggota DPR sebagai representasi partai politik, dan anggota DPD sebagai representasi kepentingan daerah. Sedangkan Utusan Golongan dihapuskan,” kata Bamsoet dalam keterangannya yang dikutip Pantau.com, Minggu (3/7/2022).

Menurut Bamsoet sejumlah pihak menyatakan dukungan agar utusan golongan kembali ke MPR. Di antaranya Partai NasDem, PP Muhammadiyah, PBNU, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia, dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia serta berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya.

Beberapa waktu lalu, Bamsoet beserta sejumlah pimpinan MPR mendatangi NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat. Mereka menemui Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan mengklaim dari pertemuan itu muncul dukungan NasDem agar utusan golongan kembali masuk MPR.

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi