Video: Momen Mesra Jokowi Dan Anies saat Meninjau Sirkuit Formula E


Pantau.comPresidenrn Joko Widodo menyempatkan dirinya meninjau progres dari pembangunan rnSirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara bersama Gubernur DKI Jakarta, rnAnies Baswedan.

Namun keberadaan mereka di Sirkuit Formula E itu bukanlah sekedar momen kepala negara dengan kepala daerah biasa.

Direkturrn Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan bahwa rnmomen tersebut mampu mengindahkan hubungan antara Jokowi dan Anies yang rnselama ini selalu dibanding-bandingkan.

“Pertama,rn ini jadi momen indah harmonisasi hubungan Jokowi dan Anies yang selama rnini selalu dihadap-hadapkan,” kata Adi kepada wartawan pada Senin, 25 rnApril 2022.

Menurutnya,rn mereka ingin gelaran Formula E sukses bukan hanya untuk pemerintah rnsaja, melainkan juga untuk seluruh warga Indonesia.

“Jokowirn dan Anies sepertinya ingin sama-sama memastikan Formula E sukses untuk rnkebaikan bersama, bukan hanya untuk Jakarta dan Istana, tapi untuk rnrakyat Indonesia seluruhnya,” tambahnya.

Kemudian,rn Adi juga mengatakan, kehadiran Jokowi di Sirkuit Formula E menunjukkan rnbahwa dirinya tak hanya ‘mengurus’ MotoGP Mandalika saja.

“Kedua,rn sepertinya Jokowi ingin menghilangkan kesan menganakemaskan sirkuit rnMotoGP Mandalika dan menganaktirikan Formula E. kesan yang selama ini rncukup kuat di mana Jokowi dan Anies seakan berjarak cukup jauh,” ucap rnAdi.


“Padahalrn Istana dan Balai Kota berdekatan. Padahal Anies pernah jadi pembantu rnJokowi. Tetapi, karena perbedaan politik kedua sering rndibentur-benturkan,” sambungnya.

Apabilarn gelaran Formula E sukses, Anies tak bisa mengklaim bahwa suskesnya rngelaran tersebut hasil dari jerih payah Ibu Kota, tetapi juga adanya rnkontribusi dari Jokowi sehingga event Formula E menjadi ajang bagi rnseluruh warga Indonesia.

“Ketiga,rn dengan kejadian ini, kesuksesan Formula E tak bisa lagi dikapitalisasi rnhanya kesuksesan Anies, tapi juga kesuksesan Jokowi sebagai kepala rnnegara. Anies tak bisa lagi secara eksklusif mengapling Formula E hanya rnhajatan Jakarta. Tapi hajatan bangsa juga,” ujar Adi.

Terakhir,rn istilah cebong dan kadrun yang merujuk ke pendukung Jokowi dan Anies rnini pun bisa berakhir apabila momen kebersamaan antara Jokowi dan Anies rnsering muncul di media.

“Ketiga,rn mestinya ini menjadi momen perdamaian dan mengakhiri perang antara rncebong dan kadrun yang selama ini bikin pengap suasana batin kebangsaan rnkita. Saatnya cebong dan kadrun melebur jadi satu. Satu Indonesia. Tak rnada guna ribut terus, malah membuat bangsa ini saling memelihara rnkebencian,” imbuh Adi.

Diberitakan sebelumnya, Presidenrn Joko Widodo (Jokowi) meninjau Sirkuit Jakarta International E-Prix rnCircuit (JIEC) yang akan digunakan untuk balapan Formula E.

Jokowirn melihat persiapan sirkuit tersebut dengan menaiki mobil golf yang rndikemudikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Jokowi berharap rngelaran itu bisa berjalan lancar.

“Kita harapkan nanti di awal Juni kita bisa lihat balapannya,” ujar Jokowi usai peninjauan pada Senin, 25 April 2022.

rn

Tim Pantau
Editor
Iqbal Firdaus
Penulis
Iqbal Firdaus